Kamis 31 Maret 2022, 19:07 WIB

Undian Putaran Final Piala Dunia 2022, Begini Aturannya

Widhoroso | Sepak Bola
Undian Putaran Final Piala Dunia 2022, Begini Aturannya

ANTARA
Piala Dunia 2022 Qatar

 

29 negara telah memastikan lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 yang akan berlangsung di Qatar, 21 November hingga 18 Desember 2022. Tiga tempat tersisa saat ini masih diperebutkan melalui babak play off yaitu dua play off antarbenua serta satu play off zona Eropa.

Dua laga play off antarbenua akan mempertemukan Kosta Rika (peringkat empat Zona Concacaf) dan Selandia Baru (juara kualifikasi Zona Oseania) serta laga antara Peru (peringkat lima Zona Conmebol) melawan pemenang laga Uni Emirat Arab vs Australia (Zona Asia).

Sedangkan play off zona UEFA belum tuntas menyusul agresi militer Rusia ke Ukraina. Dalam play off zona UEFA ini, Ukraina belum melakoni babak semifinal melawan Skotlandia. Pemenang laga Ukraina vs Skotlandia akan menghadapi Wales untuk memperebutkan tiket ke putaran final.

Walau masih ada tiga slot dari 32 tempat di putaran final yang belum terisi, FIFA akan menggelar undian fase grup putaran final Piala Dunia 2022 Qatar, Jumat (1/4). Undian akan dilakukan di Doha Exhibition & Convention Center, Doha, Qatar.

Bagaimana undian Piala Dunia 2022 dilakukan?

32 negara yang lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 akan dibagi menjadi empat pot yang masing-masing berisikan delapan tim. Tim diundi dari tiap-tiap pot dan akan dialokasikan ke delapan grup, A hingga H. Tim di Pot 1 dialokasikan terlebih dahulu, disusul dengan Pot 2, lalu Pot 3, dan akhirnya Pot 4.

Aturan undian

Undian Piala Dunia memiliki beberapa batasan yaitu:.

- Tuan rumah, Qatar yang otomtais lolos ke putaran final akan menempati posisi A1. Sedangkan sisa tujuh tim di Pot 1 lalu akan diundi sebagai tim pertama ke Grup B sampai H.

- Hasil undian tidak akan menempatkan tim-tim yang berasal dari satu zona, kecuali zona Eropa, berada dalam satu grup. Contoh, dua tim dari zona Conmebol, Argentina dan Ekuador tidak akan berada satu grup.

- Setiap grup harus punya setidaknya satu, tetapi tak lebih dari dua tim UEFA. Mengingat ada 13 tim dari Eropa, artinya lima dari delapan grup bakal dihuni dua tim dari benua tersebut.

Pembagian pot undian

32 negara yang lolos akan dibagi dalam empat pot. Pembagian ini berdasarkan peringkat tertinggi dari daftar FIFA. Pot 1 berisikan Qatar selaku tuan rumah bersama tujuh tim dengan peringkat tertinggi.

Pot 2 dihuni delapan tim berperingkat tertinggi berikutnya dan Pot 3 dihuni delapan tim berperingkat tertinggi setelah Pot 2. Pot 4 akan berisikan lima tim berperingkat tertinggi setelahnya, bersama dengan dua pemenang play-off antar-benua dan pemenang play-off UEFA.

Pot 1

Qatar
Brasil
Belgia
Prancis
Argentina
Inggris
Spanyol
Portugal

Pot 2

Meksiko
Belanda    
Denmark
Jerman
Uruguay
Swiss
Amerika Serikat
Kroasia

Pot 3

Senegal
Iran    
Jepang
Maroko
Serbia
Polandia
Korea Selatan
Tunisia

Pot 4

Kamerun
Kanada
Ekuador
Arab Saudi
Ghana
Pemenang play-off antar-benua
Pemenang play-off antar-benua
Pemenang play-off UEFA. (Goal/OL-15)

 

 

Baca Juga

AFP/FRANCK FIFE

AC Milan Incar Abdou Diallo dari PSG

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 04 Juli 2022, 13:30 WIB
Rossoneri akan mempersiapkan dana hingga 15 juta euro atau sekitar Rp232 miliar untuk meyakinkan PSG agar mau melepas...
EMMANUEL DUNAND / AFP  Sumber: https://mediaindonesia.com/sepak-bola/245907/de-ligt-sepakat-dengan-juve.html

Chelsea Ajukan Tawaran Baru untuk Matthijs De Ligt

👤Akmal Fauzi 🕔Senin 04 Juli 2022, 11:33 WIB
Chelsea dilaporkan telah menaikkan tawaran mereka kepada Juventus untuk mendatangkan Matthijs De Ligt pada bursa transfer musim panas...
AFP/Alberto PIZZOLI

Luis Alberto Siap Tinggalkan Lazio ke Spanyol

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 04 Juli 2022, 11:30 WIB
Lazio mematok harga sebesar 25-30 juta euro (sekitar Rp387-465 miliar) untuk Alberto dan klub La Liga Sevilla menjadi yang terdepan untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya