Rabu 23 Juni 2021, 08:20 WIB

Sousa Minta Skuat Polandia Anggap Laga Kontra Swedia Bak Final

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Sousa Minta Skuat Polandia Anggap Laga Kontra Swedia Bak Final

AFP/JANEK SKARZYNSKI
Pelatih timnas Polandia Paulo Sousa

 

PELATIH timnas Polandia Paulo Sousa meminta para pemainnya untuk fokus pada laga pemungkas Grup E Piala Eropa 2020 kontra Swedia di Saint Petersburg, Rusia, Rabu (23/6) malam, dan memandang laga itu bak sebuah pertandingan final.

Setelah kalah 1-2 melawan Slovakia di laga pertama dan menjaga asa mereka dengan mengimbangi Spanyol 1-1, Polandia kini wajib mengalahkan Swedia jika ingin berkesempatan melangkah ke babak 16 besar.

"Bagi kami, ini adalah laga final dan kami harus fokus seperti menjalani sebuah final," kata Sousa, Rabu (23/6) dini hari WIB.

"Kami ingin memiliki mentalitas yang sama di mana pun, baik ketika main di negeri sendiri maupun di negara tetangga," tambahnya.

Baca juga: Gulacsi Akui Hongaria tidak Diunggulkan Melawan Jerman

Sousa juga menyebut timnya serasa tidak pernah main di negara lain, sebab sejumlah besar suporter mereka selalu terdengar saat Polandia main di Saint Petersburg melawan Slovakia maupun di Sevilla kala menghadapi Spanyol.

"Suporter itu penting, Anda bisa lihat contohnya dengan Hongaria dan Denmark. Kami sendiri serasa tidak pernah main tandang," ujarnya.

Kendati demikian, Sousa mengakui timnya sedikit tidak diuntungkan karena harus bermain sehari berselang setelah Swedia di pertandingan sebelumnya.

Swedia main pada Jumat (18/6) siang sedangkan Polandia menghadapi Spanyol Sabtu (19/6) petangnya. Akibatnya, para pemain Sousa cuma punya jeda pemulihan kondisi kurang dari 30 jam.

"Beberapa pemain belum sepenuhnya pulih. Secara mental, laga menghadapi Spanyol juga menguras banyak energi," katanya.

Kendati Swedia sudah memastikan satu tempat di babak 16 besar, Sousa memperkirakan lawannya itu tidak akan bermain dengan energi yang kendur.

Terlebih, Swedia punya bekal kepercayaan diri berupa catatan enam kemenangan dalam tujuh pertandingan terakhir dan hanya kebobolan satu gol saja.

"Statistik menggambarkan banyak hal tentang Swedia. Mereka tahu cara mengendalikan bola, maupun melancarkan serangan balasan," katanya.

"Mereka kaya pilihan dari segi taktik. Saya pikir Swedia tidak akan bermain dengan santai," tutup Sousa.

Di Piala Eropa, lima tahun silam, Polandia mencapai perempat final dan Sousa yang baru melakoni tugasnya sejak Januari lalu tentu tidak ingin portofolionya diwarnai kegagalan. (Ant/OL-1)

Baca Juga

AFP

Dortmund Beli Donyell Malen dari PSV Seharga Rp583,8 miliar

👤Muhamad Fauzi 🕔Rabu 28 Juli 2021, 06:35 WIB
BORUSIA Dortmund memboyong penyerang sayap Donyell Malen dari PSV Eindhoven, demikian diumumkan laman resmi klub Jerman itu pada Selasa...
AFP/Mike Hewitt

Guardiola Harap Pemain City Bisa Langsung Berlatih Tanpa Dikarantina

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 28 Juli 2021, 06:26 WIB
Nathan Ake, Joao Cancelo, Ruben Dias dan Benjamin Mendy baru selesai membela negara masing-masing di Piala Eropa 2020 dan turun 45 menit...
Twitter @ChelseaFC

Tertinggal Lebih Dulu, Chelsea Tekuk Bornemouth di Laga Pramusim

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 28 Juli 2021, 06:20 WIB
Kendati banyak diperkuat para pemain muda, sejumlah pilar tim utama Chelsea turut ambil bagian di laga kali ini termasuk duo kiper Kepa...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Membangun Konektivitas Segitiga Emas Jawa Bagian Tengah

 Untuk membangkitkan pertumbuhan perekonomian di Jawa bagian tengah, Tol Joglosemar menjadi salah satu solusi

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya