Selasa 11 Juni 2019, 22:30 WIB

Melawat ke Amman, Timnas Takluk di Tangan Tuan Rumah

Despian Nurhidayat | Sepak Bola
Melawat ke Amman, Timnas Takluk di Tangan Tuan Rumah

Antara/Dhemas Reviyanto
Timnas saat berlatih jelang bertandang ke Jordannia

 

TIM Nasional Indonesia harus mengakui keunggulan timnas Jordania dalam laga persahabatan yang berlangssung di Stadion King Abdullah II, Amman, Jordania, Selasa (11/6).

Evan Dimas cs harus mengakui keunggulan tuan rumah 4-1 di laga tersebut. Hasil itu pun seakan melanjutan tren buruk pertemuan timnas dnegan tim asal Timur Tengah.

Padahal sebelumnya, pelatih anyar Timnas Garuda, Simon McMenemy menargetkan, timnas mampu mengakhiri tren buruk di hadapan negara timur tengah tersebut.

"Kita tahu Tim Nasional Indonesia memiliki catatan buruk ketika menghadapi tim dari timur tengah, saya ingin merubah tren negatif tersebut," ungkap  pelatih asal Skotlandia ini sehari sebelum pertandingan.

Baca juga : PSSI Optimistis Ezra Walian Bisa Tampil di SEA Games

Di atas kertas, Jordania memang unggul segalanya dari Timnas, keunggulan itu rupanya mewujud pada kegugupan pemain timnas yang terlihat dari minimnya penguasaan bola sejak awal pertandingan.

Kelemahan itu terlihat jelas di lapangan tengah saat aliran bola Evan dan kawan-kawan banyak dipotong oleh anak asuh Vital Borkelmans.

Gawang timnas yang dijaga Andritany pun harus kebobolan di menit 21 lewat tendangan gelandang Jordania Baha' Faisal.

Usai kebobolam, permainan timnas justru lebih defensif dibanidngkan sebelumnya. Hasilnya, Andritany hasrus kembali memungut bola dari gawang setelah Ahmed Hamdoni menggandakan keunggulan tuan rumah jelang turun minum.

Di babak kedua, tak banyak perubahan yang dilakukan McMenemy terhadap formasi timnas. Hal itu dimanfaatkan Jordania untuk kembali menambah pundi-pundi golnya, 17 menit usai babak kedua berjalan lewat Yousef Al-Rawashdeh yang mengkapitalisasi kesalahan yang dilakukan Andritany.

Tekanan Jordania yang terus berlanjut pun berbuah gol keempat lewat Hamza Al-Dardour pada menit ke-78.

Indonesia yang memiliki banyak celah di lini pertahanan dan tidak mampu memberikan serangan pun mencoba peruntungan dengan memasukkan Irfan Bachdim,

Bachdim membayar kepercayaan itu dengan memberikan asis pada Beto Goncalvez yang berujung pada pelanggaran di kotak terlarang. Eksekusi penalti pun sukses dikonversi jadi gol penggembira pada menit 85. (OL-8)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Persikabo Soroti Kokohnya Pertahanan Persib

👤Akmal Fauzi 🕔Jumat 28 Januari 2022, 14:57 WIB
"Saya lihat mereka sangat sulit dibobol, apalagi mereka punya kiper bagus dan pertahanan bagus, dan juga mereka mencetak gol, hampir...
Pius Utomi EKPEI / AFP

Gambia ingin Lanjutkan Kejutan di Piala Afrika

👤Akmal Fauzi 🕔Jumat 28 Januari 2022, 13:44 WIB
Pelatih Gambia Tom Saintfiet mengatakan dia ingin timnya dihormati setelah menjadi tim yang mampu lolos ke perempat final Piala...
AFP/Lindsey Parnaby

Polisi Ajak Klub Liga Primer Inggris Bahas Peningkatan Ulah Pendukung

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 28 Januari 2022, 12:58 WIB
Data yang dirilis Unit Pengawasan Sepak Bola Kepolisian Inggris menunjukkan peningkatan 36% pada insiden akibat ulah penonton di paruh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya