Jumat 08 Maret 2019, 15:00 WIB

Dicurigai Langgar FFP, Manchester City Siap Diperiksa

Patrick Pinaria | Sepak Bola
Dicurigai Langgar FFP, Manchester City Siap Diperiksa

Glyn KIRK/AFP

 

MANCHESTER City tetap tenang meski dituduh melakukan pelanggaran Financial Fair Play. Bahkan, The Citizens tidak keberatan jika diinvestigasi Federasi Sepak bola Eropa (UEFA).

Isu mengenai City melanggar FFP mulai diangkat oleh salah satu media Jerman, Der Spiegel. Kemudian, media-media lain turut meramaikan isu tersebut.

Terdapat beberapa pelanggaran yang diduga dilakukan City berdasarkan investigasi oleh Der Spiegel. Salah satunya adalah penggelembungan dana sponsor The Citizens terhadap maskapai Etihad.

Menurut laporan, City hanya mendapatkan pemasukan dari Etihad sebesar 8 juta pound sterling (sekitar Rp149 miliar). Kabar tersebut mengejutkan karena The Citizens awalnya mengonfirmasi mendapat dana sebesar 67,5 juta pound sterling atau sekitar Rp1,2 triliun.

Namun, Der Spiegel melaporkan sisa dananya didapat City dari kantong pribadi pemilik mereka Sheikh Mansour.

Baca juga: UEFA Selidiki Manchester City Terkait Pelanggaran FFP

UEFA mencoba mencari kebenaran isu tersebut. Untuk itu, mereka langsung memastikan akan menginvestigasi kasus pelanggaran City itu.

"Badan Kontrol Keuangan UEFA sudah membuka penyelidikan resmi terhadap Manchester City atas dugaan pelanggaran peraturan Financial Fair Play," tulis pernyataan UEFA.

Namun, tuduhan tersebut tidak membuat kubu City panik. Mereka pun sangat terbuka dengan langkah investigasi UEFA.

"Manchester City menyambut baik langkah investigasi UEFA sebagai kesempatan baik untuk mengakhiri spekulasi ini yang dihasilkan dari peretasan ilegal dan publikasi di luar konteks email City," tulis pernyataan City lewat situs resmi klub.

"Tuduhan pelanggaran FFP sepenuhnya salah. Akun klub selalu dilaporkan penuh dan lengkap dan sesuai dengan catatan hukum dan peraturan," lanjut pernyataan mereka.

Jika terbukti salah, City akan merugi. Mereka terancam sanski berupa larangan bermain di kompetisi Eropa, yakni Liga Champions dan Liga Europa. (Medcom/OL-2)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Timnas Indonesia Bertekad Maksimalkan Tiga Laga Sisa

👤 Akmal Fauzi 🕔Senin 17 Mei 2021, 15:52 WIB
Thailand menjadi lawan pertama yang dihadapi pada 3 Juni 2021 mendatang, empat hari kemudian bersua Vietnam, dan terakhir Uni Emirat Arab...
Rui Vieira / POOL / AFP

Klopp Tak Mau Pusing Soal Peluang Lolos ke Liga Champions

👤 Akmal Fauzi 🕔Senin 17 Mei 2021, 12:27 WIB
Kemenangan dramatis 2-1 atas West Bromwich Albion Minggu (16/5) malam WIB, membuat Liverpool hanya terpaut satu angka dari Chelsea di...
ANDER GILLENEA / AFP

La Liga Sengit Hingga Laga Pamungkas

👤Akmal Fauzi 🕔Senin 17 Mei 2021, 09:36 WIB
Dengan menglahkan Osasuna dengan skor 2-1, Atletico Madrid duduk di puncak dengan 83 poin, unggul dua angka dari Real Madrid di tempat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Optimalkan Potensi Zakat, Ekonomi Bergerak

Berdasarkan data outlook zakat Indonesia pada 2021 yang dipublikasikan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), potensi zakat Indonesia mencapai Rp327,6 triliun.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya