Selasa 30 Mei 2023, 07:50 WIB

Hasbi Hasan dan Dadan Tri Sering Melakukan Pertemuan di MA

Candra Yuri Nuralam | Politik dan Hukum
Hasbi Hasan dan Dadan Tri Sering Melakukan Pertemuan di MA

MI/Susanto
Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Hasbi Hasan diduga sering bertemu dengan Dadan Tri di MA.

 

SEKRETARIS Mahkamah Agung (MA) Hasbi Hasan dan mantan Komisaris Wika Beton Dadan Tri Yudianto diduga sering melakukan pertemuan di MA. Informasi itu diulik dengan memeriksa dua staf Hasbi, Tri Mulyani dan Lilis Suryani pada Senin (29/5).

"Para Saksi juga dikonfirmasi pengetahuan yang bersangkutan tentang tamu atas nama Dadan Tri Yudianto yang diduga sering berkunjung (di MA) menemui Sekretaris MA (Hasbi)," kata juru bicara bidang penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Selasa (30/5).

Ali enggan memerinci alasan pertemuan keduanya. KPK juga mendalami mekanisme penerimaan tamu bagi pejabat MA.

Baca juga: Novel Curiga Pimpinan KPK Sengaja Tak Menahan Hasbi Hasan Demi Pengajuan Praperadilan

"Didalami terkait penjelasan tentang prosedur tamu di Sekretariat MA," ucap Ali.

KPK mengembangkan kasus dugaan suap penanganan perkara di MA. Sekretaris MA Hasbi Hasan dan mantan Komisaris Wika Beton Dadan Tri Yudianto ditetapkan sebagai tersangka.
 
Baca juga: Windy Idol Diduga Terima Duit dan Kelola Aset Terkait Kasus Suap Perkara di MA

Nama Dadan Tri Yudianto disebut dalam dakwaan kasus dugaan suap penanganan perkara di MA. Dia diduga menjadi jembatan penghubung antara pengacara Theodorus Yosep Parera dan Debitur Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Intidana Heryanto Tanaka, dengan Sekretaris MA Hasbi Hasan.
 
Jaksa penuntut umum (JPU) pada KPK Wawan Yunawarto menyebut Yosep dan Heryanto bertemu Dadan untuk membahas kasasi pidana nomor 326K/Pid/2022 atas nama Budiman Gandi Suparman. Yosep dan Heryanto bertemu Dadan pada 25 Maret 2022.
 
"Bertempat di Rumah Pancasila, Jalan Semarang Nomor 32, Tawangmas, Semarang Barat terdakwa satu (Yosep) dan Heryanto Tanaka bertemu dengan Dadan Tri Yudianto yang merupakan penghubung Hasbi Hasan," kata Wawan dalam dakwaan yang dibacakan di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Bandung, Rabu, 18 Januari 2023. (Can)

Baca Juga

AFP

Capres 2024 Wajib Pahamai Isu Geopolitik

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Minggu 24 September 2023, 22:08 WIB
Calon pemimpin 2024 memiliki sejumlah pekerjaan rumah (PR) dalam mempertahankan Indonesia. Salah satunya memiliki wawasan luas soal kondisi...
MGN / Theofilus Ifan Sucipto

Ini PR Calon Pemimpin di Sektor Pertahanan

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Minggu 24 September 2023, 22:02 WIB
Pengamat pertahanan dan militer Connie Rahakundini Bakrie mengungkapkan aneka pekerjaan rumah (PR) calon pemimpin Indonesia di sektor...
MI / Susanto

Pilpres 2 Poros Beresiko Munculkan Polarisasi

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Minggu 24 September 2023, 21:55 WIB
Pihak yang memaksakan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 hanya menyediakan dua pasangan (paslon) capres-cawapres dipandang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

MI TV

  • Presiden PKS Buka-Bukaan Soal Pasangan Amin

    Berikut petikan wawancara khusus wartawan Media Indonesia Ahmad Punto, Henri Salomo, Akhmad Mustain, dan Rifaldi Putra Irianto di kantor DPP PKS, Jakarta, Kamis (21/9/2023).

Selengkapnya

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya