Selasa 17 Januari 2023, 23:51 WIB

Kejaksaan Dampingi Pemda Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi

Tri Subarkah | Politik dan Hukum
Kejaksaan Dampingi Pemda Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi

MI/PIUS ERLANGGA
Kejaksaan Agung RI.

 

KEJAKSAAN Republik Indonesia bertanggung jawab membantu pemerintah untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi. Salah satu caranya dengan mendampingi pemerintah daerah (pemda) dalam memberikan masukan guna kemudahan investasi daerah. Tugas itu melekat pada kejaksaan selain sebagai penegak hukum.

Hal tersebut disampaikan Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin saat memberikan pengarahan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forkopimda Tahun 2023. Menurut Jaksa Agung, pendampingan hukum yang diberikan pihaknya baru dapat dilaksanakan setelah menerima permohonan dari pemda.

Baca juga: MK Tunda Sidang Proporsional Terbuka, Pengamat: Cukup Membuang-buang Waktu

"Karena kejaksaan tidak dapat melakukan pendampingan hukum tanpa adanya permohonan terlebih dahulu dari pemerintah daerah," jelas Jaksa Agung, Selasa (17/1).

Oleh karena itu, Burhanuddin mengimbau pemda yang belum mengajukan permohonanan pendampingan hukum untuk berperan aktif mengajukan permohonan tersebut ke jajaran kejaksaan di daerah. Ia berpendapat, sinergitas antara kejaksaan dan pemda menjadi kunci keberhasilan dalam mewujudkan pertumbuhan konomi dan pengendalian inflasi.

Pada 5 September 2022, Jaksa Agung telah menerbitkan surat guna mewujudkan peran aktif kejaksaan mewujudkan pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi. Melalui Surat Nomor 159/A/SUJA/09/2022 itu, Jaksa Agung menginstruksikan jajaran Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) untuk melakukan koordinasi dengan pemda, baik di level provinsi maupun kabupaten/kota, dalam pendampingan penggunaan belanja tidak terduga.

"Membentuk tim pendampingan hukum melalui Bidang Datun guna mengakselerasi penggunaan belanja tidak terduga dalamr angka pengendalian inflasi di daerah," sambung Burhanuddin. (OL-6)

Baca Juga

DOK MI

PKS Tegaskan Sikap Dukung Anies Baswedan Jadi Capres

👤Widhoroso 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:50 WIB
WAKIL Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman menegaskan sikap partainya mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta...
Muhammad Iqbal

Hendra Kurniawan Dituntut Tiga Tahun Penjara Dan Denda Rp20 Juta

👤Irfan Julyusman 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:43 WIB
JAKSA penuntut umum menuntut Hendra Kurniawan dengan pidana penjara selama tiga tahun dan denda sebesar Rp 20...
DOK MI.

Pertemuan Jokowi-Surya Paloh Singgung Pilpres 2024

👤Valerie Augustine Budianto 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:38 WIB
Pertemuan sekitar satu jam tersebut merupakan bagian dari silaturahmi dan ibarat kangen-kangenan antara kakak dan adik yang lama tidak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya