Kamis 05 Januari 2023, 17:56 WIB

Survei Indikator: Elektabilitas Ganjar-Erick Didukung Basis Massa Jokowi dan PDI Perjuangan

Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Survei Indikator: Elektabilitas Ganjar-Erick Didukung Basis Massa Jokowi dan PDI Perjuangan

Instagram @erickthohir
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir

 

ELEKTABILITAS kandidat pasangan calon presiden (capres) Ganjar Pranowo dan calon wakil presiden (cawapres) Erick Thohir terekam oleh survei nasional terbaru Indikator Politik terus meningkat. Terdapat peningkatan 4,6 persen dari elektabilitas Ganjar – Erick dalam survei Indikator sebelumnya.

Dari November hingga Desember 2022, terekam angka elektabilitas Ganjar- Erick meningkat dari 30,4 persen menjadi 35,4 persen. Direktur Eksekutif Indikator Burhanuddin Muhtadi menyatakan peningkatan elektabilitas tersebut tidak lepas dari dukungan yang diberikan oleh basis massa Presiden Joko Widodo dan PDI Perjuangan.

“Basis dukungan terhadap Ganjar-Erick berasal dari publik yang puas terhadap kinerja pemerintah saat ini, terutama dari basis PDI Perjuangan,” terang Burhanuddin saat acara Rilis Indikator: Kinerja Presiden, Elektabilitas Bakal Capres dan Partai Jelang 2024 periode 1 – 6 Desember 2022 secara daring.

Indikator mengungkapkan tingkat kepuasan terhadap kinerja Presiden Jokowi berkorelasi terhadap elektabilitas bakal paslon, terutama bagi pasangan Ganjar-Erick. 

Mulai dari Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono, Prabowo Subianto-Puan Maharani, Anies Baswedan-Khofifah Indar Parawansa dan Prabowo Subianto- Bahlil Lahadalia tidak sanggup mengalahkan elektabilitas Ganjar –Erick dalam simulasi pilpres. 

Elektabilitas tertinggi diraih Ganjar-Erick ketika berhadapan dengan pasangan Anies-Khofifah dan Prabowo-Bahlil. Duet Ganjar-Erick terekam memiliki elektabilitas hampir menyentuh angka 40 persen yakni di angka 39,7 persen. 

“Ketika elektabilitas Ganjar naik di Desember, elektabilitas pasangan Ganjar- Erick itu juga naik,” pungkas Burhanuddin. (OL-8)

Baca Juga

DOK MI

Erick Thohir Cawapres Potensial Besar Raih Hati Pemilih Milenial

👤Widhoroso 🕔Minggu 05 Februari 2023, 22:32 WIB
MENTERI BUMN Erick Thohir menjadi sosok yang paling banyak mendapat perhatian pemilih muda alias...
MI/Emir

Wapres akan Hadiri Puncak Peringatan Harlah 1 Abad NU di Jatim

👤Emir Chairullah 🕔Minggu 05 Februari 2023, 22:00 WIB
Salah satu rangkaian Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU adalah Muktamar Internasional I Fikih Peradaban, yang akan dibuka Wapres pada...
DOK MI

Duet Ganjar-Erick Sosok Pimpinan Yang Saling Melengkapi

👤Widhoroso 🕔Minggu 05 Februari 2023, 18:25 WIB
KOMBINASI Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir selalu menjadi idaman masyarakat Indonesia dalam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya