Rabu 04 Januari 2023, 12:11 WIB

Menkumham: Imigrasi Harus Tingkatkan Kecepatan Layanan untuk Gaet Investor

Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Menkumham: Imigrasi Harus Tingkatkan Kecepatan Layanan untuk Gaet Investor

MI/Seno
Ilustrasi

 

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI Yasonna Hamonangan Laoly mengatakan Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi yang baru dilantik yakni Silmy Karim harus memerhatikan dan meningkatkan kecepatan layanan keimigrasian untuk menggaet investor berinvestasi di Indonesia.

"Khususnya mempelajari beberapa negara yang memberikan kecepatan layanan keimigrasian," kata Menkumham Yasonna Hamonangan Laoly usai melantik Silmy Karim sebagai Dirjen Imigrasi definitif di Jakarta, Rabu.

Menkumham mengatakan saat ini tugas-tugas keimigrasian semakin dinamis dan berkembang. Oleh karena itu, Dirjen Imigrasi yang baru dilantik diharapkan bisa mengikuti perkembangan keimigrasian yang strategis.

Ia menekankan kecepatan layanan keimigrasian harus betul-betul diperhatikan karena ditujukan menarik minat para investor dan orang-orang yang memiliki talenta untuk datang ke Indonesia.

Oleh karena itu, Direktorat Jenderal Imigrasi didorong melakukan berbagai upaya perubahan yang melibatkan pemangku kepentingan terkait. "Kunci utamanya adalah melalui teknologi dan digitalisasi," ujar Yasonna 

Dalam arahannya, Yasonna memberikan arahan khusus kepada mantan Direktur Utama PT. Krakatau Steel Tbk tersebut untuk menindaklanjuti beberapa hal. Pertama, terkait koordinasi dengan kementerian dan lembaga lain mengenai kebijakan golden visa untuk mendatangkan investor dan global talenta. 

Kedua, Yasonna juga mengingatkan agar Dirjen Imigrasi menindaklanjuti peningkatan layanan Visa on Arrival (VoA) dan Izin Tinggal Terbatas (ITAS), minimalisasi pungutan liar, pengembangan pelayanan keimigrasian pada bandara yang dibuka untuk penerbangan langsung internasional.

Termasuk layanan keimigrasian yang mendukung kemudahan berusaha di Indonesia dengan tetap memenuhi kriteria untuk menjaga kedaulatan, ketertiban, keamanan negara dan kepentingan nasional. (Ant/OL-12)

Baca Juga

MI/SUMARYANTO BRONTO

Nikita Mirzani Dilaporkan Polisi Atas Dugaan Pencemaran Nama Baik

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 12:52 WIB
Dugaan tersebut dilakuan oleh Nikita saat melakukan live streaming pada akun Instagramnya...
MI/HO

Purnawirawan TNI AD dan Warga Pos Pengumben Curhat ke Komisi I DPR

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:34 WIB
SEJUMLAH purnawirawan TNI AD dan warga Pos Pengumben menggelar audiensi dengan Komisi I DPR RI membahas sengketa lahan di Kelurahan Kelapa...
Dok. Peradi

Kunjungi MA, Advokat Malaysia Pelajari Sistem Peradilan Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:34 WIB
Para advokat dari Malaysia yang didampingi pengurus Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi), terlihat antusias menyimak paparan dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya