Kamis 29 Desember 2022, 20:30 WIB

Survei InDEX: Dibayangi Resesi, Kepuasan Publik Terhadap Jokowi tetap Kokoh

Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Survei InDEX: Dibayangi Resesi, Kepuasan Publik Terhadap Jokowi tetap Kokoh

Biro Pers Setpres
Presiden Joko Widodo

 

TEMUAN survei Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research menunjukkan kepuasan publik terhadap Jokowi mencapai 77,8 persen, dengan 10,2 persen responden merasa sangat puas. Direktur Eksekutif indEX Research Vivin Sri Wahyuni mengatakan, angka itu tinggi di bawah bayang-bayang ancaman resesi global menghantui perekonomian. 

 Menurut Vivin, persoalan inflasi dan resesi tidak terlalu berdampak pada tingkat kepuasan publik. Jika melihat tren sebelumnya, faktor pandemi covid-19 yang paling memukul telak.

Pada puncak gelombang delta pada pertengahan 2021, kepuasan publik anjlok hingga ke angka 60 persen.

"Pembatasan sosial yang sangat ketat saat itu membuat perekonomian sulit untuk bergerak, tetapi seiring pelonggaran maka kepuasan publik pun kembali pulih," ujar Vivin.

Vivin mewanti-wanti agar pemerintah mengambil langkah strategis untuk mengantisipasi skenario terburuk. Terlebih, tahun depan agenda politik menuju Pemilu 2024 akan memanas, dengan jadwal partai-partai mengusung calon presiden dan calon wakil presiden.

"Jika perekonomian memburuk, bisa dipastikan akan merembet pada situasi politik," ucap dia.

Ia melanjutkan, belakangan ini, tuturnya melanjutkan, wacana agar pemilu ditunda kembali mengemuka. Langkah ekstrem semacam itu hampir pasti akan mengundang reaksi protes dari berbagai kalangan

Sebagai catatan, ada sebanyak 20,1 persen publik yang merasa tidak puas, di antaranya 2,3 persen tidak puas sama sekali, dan sisanya tidak tahu/tidak jawab 2,1 persen.

"Potensi ketidakpuasan ini harus dijaga agar tidak membesar pada bulan-bulan mendatang," pungkas Vivin.

Survei indEX Research dilakukan pada 11-20 Desember 2022 terhadap 1.200 orang mewakili semua provinsi. Responden dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling) dan diwawancara tatap muka. Margin of error survei sebesar kurang lebih 2,9 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen. (Ant/OL-8)

Baca Juga

Antara

Penanganan Laporan Dana Desa Lewat Hukum Jadi Upaya Terakhir

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 01 Februari 2023, 15:52 WIB
Menurut Kejagung, tindak lanjut pengaduan dana desa harus diinvestigasi terlebih dahulu oleh inspektorat daerah secara...
MI/Moh Irfan

Anies Resmi Dapat Tiket Capres, Pengamat: Segera Diikuti Koalisi Lain

👤Putra Ananda 🕔Rabu 01 Februari 2023, 15:22 WIB
Ketika NasDem, PKS dan Demokrat meresmikan Sekretariat Bersama (Sekber) tidak menutup kemungkinan koalisi lain akan mengikuti jejak koalisi...
MI/RAMDANI

Surya Paloh Bicara Kemungkinan Tarik-Menarik Antara NasDem dan KIB

👤Anggi Tondi Martaon 🕔Rabu 01 Februari 2023, 15:09 WIB
Surya Paloh menyampaikan alasan lebih dulu berkunjung ke Golkar daripada Demokrat dan PKS. Alasan kuatnya karena Golkar dianggap memiliki...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya