Jumat 04 November 2022, 21:43 WIB

Indo Defence 2022 Perkuat Implementasi RMA

Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Indo Defence 2022 Perkuat Implementasi RMA

Dok. Pribadi
Pengamat intelijen, pertahanan, dan keamanan, Ngasiman Djoyonegoro

 

PENGAMAT intelijen, pertahanan dan keamanan, Ngasiman Djoyonegoro menilai gelaran Indo Defence 2022 bernilai strategis dalam konteks diplomasi militer dan ekonomi nasional.

Pameran industri militer ini juga menunjukkan komitmen terhadap implementasi Revolution in Military Affairs (RMA). “Indonesia, saya kira, cukup menonjol di kawasan Asia Tenggara dalam pengembangan industri militernya. Indo Defence Expo dapat dimaknai sebagai gelaran militer nonpasukan, sejauh mana kekuatan persenjataan kita dalam menghadapi perang,” kata Simon, panggilan akrab Ngasiman Djoyonegoro, Jumat (4/11).

Acara Indo Defence 2022 berlangsung di JIExpo, Kemayoran, Jakarta. Sebanyak 905 perusahaan (158 perusahaan dalam negeri dan 747 perusahaan luar negeri) dari 59 negara hadir sebagai peserta pameran alutsista ini. Perwakilan delegasi hadir dari 31 negara. Menteri pertahanan, wakil menteri pertahanan, dan panglima-panglima pasukan pertahanan dari luar negeri ada sebanyak 21 pejabat.

Diplomasi militer bagi Indonesia saat ini sangatlah penting. Baru-baru ini, ketegangan antara China versus Taiwan-Amerika Serikat memperlihatkan unjuk kekuatan militer oleh China.

Kemudian, Korea Utara versus Korea Selatan-Amerika Serikat-Jepang juga sempat saling balas serangan militer. Ditambah intensitas koalisi militer AUKUS di kawasan Asia Pasifik, situasi ini cukup memberikan konteks yang kuat bagi Kementerian Pertahanan dan TNI untuk juga gelar kekuatan, salah satunya melalui Indo Defence 2022.

Industri pertahanan Indonesia berkembang cukup pesat semenjak UU Nomor 16 Tahun 2012 tentang Industri Pertahanan disahkan. Sejak 2015 hingga 2018, pemerintah telah menetapkan 70 industri pertahanan baru. Total industri pertahanan yang ada sekarang sebanyak 102 industri pertahanan yang teregistrasi di Kementerian Pertahanan, baik BUMN maupun swasta. (BAPPENAS: 2019).

Keberadaan industri pertahanan ini secara makro juga berkontribusi terhadap ekonomi nasional. “Setidaknya lapangan kerja baru tercipta dari industri pertahanan, ini akan semakin menguat jika pemerintah juga mengembangkan industri rantai pasok untuk alutsista yang diproduksi oleh perusahaan industri pertahanan dalam negeri,” kata Simon.

Sebagai contoh, jumlah karyawan tetap lima industri pertahanan yang tergabung dalam Defend ID diperkirakan sekitar 10.000 orang. Industri seperti PT Dirgantara Indonesia dan PT Pindad menyerap lebih banyak tenaga kerja daripada firma lainnya di dalam holding. Sedangkan jumlah karyawan nonpermanen di BUMN industri pertahanan bervariasi dan tergantung pada kondisi bisnis masing-masing perseroan.

Namun demikian, Simon mengingatkan pemerintah untuk tetap memperhatikan tiga hal. Pertama, terkait penguasaan teknologi militer yang perlu ditingkatkan. Kedua, penguatan rantai pasok industri pertahanan yang melibatkan UMKM sehingga dampak ekonominya bisa lebih meluas. Ketiga, melindungi industri pertahanan secara hukum, utamanya terkait hak paten teknologi.

“Penguatan industri pertahanan haruslah seimbang antara pemenuhan kebutuhan alustsista yang canggih, politik diplomasi, dan ekonomi kerakyatan,” kata Simon. Lebih lanjut Simon berharap bahwa Indo Defence 2022 semakin memperteguh kebijakan Revolution in Military Affairs yang telah dimulai sejak Reformasi. (J-2)

Baca Juga

MI

KPU Sebut Pencalonan DPD Eks Napi tak Perlu Jeda 5 Tahun

👤Yakub Pryatama W 🕔Rabu 07 Desember 2022, 12:50 WIB
"Putusan MK tersebut menjelaskan tentang Pasal 240 ayat (1) sedangkan pencalonan DPD ada di Pasal 258. Jadi, dia...
Antara

Bom Bunuh Diri di Polsek Astanaanyar Bandung Tewaskan 1 Orang

👤Siti Yona Hukmana 🕔Rabu 07 Desember 2022, 10:16 WIB
Berdasarkan informasi, pelaku bom bunuh diri memaksa masuk ke lapangan Polsek Asatanaanyar saat apel pagi. Insiden terjadi pada Rabu (7/12)...
MI/HO

Panglima TNI Dianugerahi Perwira Kehormatan oleh Australia

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 07 Desember 2022, 10:10 WIB
Penny Williams mengatakan penghargaan ini merupakan apresiasi atas pencapaian karier Andika, terutama komitmennya dalam meningkatkan kerja...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya