Rabu 05 Oktober 2022, 15:27 WIB

Demokrat Hargai Keputusan PSI Deklarasikan Ganjar Jadi Capres 2024

Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Demokrat Hargai Keputusan PSI Deklarasikan Ganjar Jadi Capres 2024

Pemprov Jateng
Ganjar Pranowo (kanan) dan Yenny Wahid

 

PARTAI Demokrat menghargai keputusan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang mendeklarasikan dukungan terhadap Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024. Keputusan tersebut dinilai rasional karena Gubernur Jawa Tengah itu dalam beberapa survei unggul dibandingkan calon lainnya.

"Kami menghargai dan menghormati sepenuhnya otonomi PSI yang telah menetapkan Mas Ganjar sebagai Capres yang dipasangkan dengan Mba Yeny Wahid," kata Deputi Bappilu DPP Demokrat Kamhar Lakumani lewat pernyataannya, Rabu  (5/1).

Untuk diketahui, PSI mendeklarasikan Ganjar dan Yenny Wahid sebagai pasangan di Pilpres 2024. Dukungan ini diberikan setelah menjaring aspirasi melalui Rembuk Rakyat.

Kamhar menilai, keputusan PSI mendukung Ganjar adalah langkah rasional.

"Tentu ini keputusan yang rasional dan telah diperhitungkan dengan matang mengingat hasil survei Mas Ganjar salah satu figur papan atas sebagai Capres," ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPP PPP Achmad Baidowi menerangkan, deklarasi PSI merupakan hak partai politik. Walaupun begitu, PPP tidak akan buru-buru mengenai sosok yang akan didukung di Pilpres 2024.

"Ya itu hak partai politik mengusung nama ya, PPP tidak terburu-buru untuk ikut ikutan apalagi kita tahu syarat mengusung calon presiden itu 20 persen kursi DPR, ya soal nama Ganjar nama Pak Anies, Erick Thohir maupun Sandiaga itu kan nama nama potensial untuk menjadi calon presiden," tutupnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie mengatakan duet Ganjar- Yenny sangat cocok untuk Indonesia.

"Kombinasi Ganjar-Yenny Wahid kami nilai sebagai pasangan yang cocok untuk memimpin Indonesia ke depan," katanya saat jumpa pers secara daring, Senin (3/10)

PSI menilai, Ganjar sebagai sosok paling pas untuk melanjutkan kerja-kerja yang selama ini sudah dilakukan Presiden Jokowi dalam memajukan Indonesia.

"Ini adalah calon presiden 2024 pilihan rakyat lewat rembuk rakyat, bukan keinginan dari elite PSI," kata Grace.

Sedangkan, Yenny Wahid memiliki semangat untuk memajukan toleransi di Indonesia. Putri Gus Dur itu juga dinilai mumpuni sebagai tokoh perempuan di kursi pemimpin.

"Mbak Yenny kami nilai konsisten melanjutkan perjuangan Gus Dur yang toleran. Sebagai tokoh pemikiran Islam, Mbak Yenny punya pemikiran di bidang sosial," ujarnya. (OL-8)

Baca Juga

Antara

Saksi Sebut Alokasi BLT Migor Bukan Kerugian Negara

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 08 Desember 2022, 22:12 WIB
Haula mengatakan, metode input output atau IO tidak tepat untuk penghitungan kerugian perekonomian...
DOK MI.

Selain Ismail Bolong, Ada Dua Tersangka Lain di Kasus Tambang Ilegal

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Kamis 08 Desember 2022, 21:24 WIB
Serupa dengan Ismail, Rinto juga berperan mengatur aktivitas tambang...
MI/Susanto

KY segera periksa etik Hakim Agung Gazalba Saleh

👤Mediaindonesia 🕔Kamis 08 Desember 2022, 21:14 WIB
Kasus yang menjerat GS merupakan pengembangan dari kasus dugaan yang sebelumnya menjerat Hakim Agung Sudrajad Dimyati (SD) dan kawan-kawan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya