Kamis 28 April 2022, 14:59 WIB

KPK Belum Temukan Keterlibatan Ganjar di Kasus KTP-el

Candra Yuri Nuralam | Politik dan Hukum
KPK Belum Temukan Keterlibatan Ganjar di Kasus KTP-el

MI/ Haryanto
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo

 

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak bisa mengaitkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan dugaan rasuah pengadaan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el). Lembaga antikorupsi tidak melihat adanya bukti kasus itu yang mengarah ke Ganjar.

"Sampai hari ini kita belum menemukan ada bukti atau tidak. Enggak boleh kita menetapkan seseorang menjadi tersangka tanpa ada bukti," kata Ketua KPK Firli Bahuri di Gedung Merah Putih, Jakarta, Kamis (28/4).

Firli mengatakan menindak orang dalam kasus dugaan korupsi berdasarkan bukti. Jika tidak ada bukti, maka dugaan keterlibatan itu tidak akan dilanjutkan.

"Justru kalau kita menyebut seseorang tanpa bukti itu keliru, inilah yang namanya kepastian hukum dan juga kepastian keadilan," ujar Firli.

Dia juga menegaskan pihaknya tidak memberikan karpet merah ke Ganjar dalam pengusutan dugaan korupsi KTP-el itu. KPK tidak bisa mempermasalahkan seseorang tanpa adanya bukti kuat berdasarkan aturan yang berlaku.

"Sampai hari ini tidak ada bukti yang mengatakan bahwa yang disebut tadi (Ganjar) melakukan suatu peristiwa pidana. Kalau ada kita bawa, tapi kan sampai hari ini tidak ada," tutur Firli.

Nama Ganjar kerap disebut menerima dana terkait pengadaan KTP-el. KPK juga sudah memeriksa dia beberapa kali sepanjang pengusutan kasus itu.

Kasus ini merupakan pengembangan kasus korupsi yang menjerat mantan Ketua DPR Setya Novanto. KPK telah menetapkan empat tersangka.

Keempat tersangka itu yakni mantan Direktur Utama (Dirut) Perum Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI), Isnu Edhi Wijaya; Ketua Tim Teknis Teknologi Informasi Penerapan KTP-el, Husni Fahmi; mantan Anggota DPR, Miryam S Haryani; dan Direktur Utama PT Sandipala Arthapura, Paulus Tanos. Miryam sudah diadili, sementara Tanos belum ditahan karena berada di luar negeri. (OL-8)

Baca Juga

dok.pribadi

Pendeta Alberth Yoku: Tindakan Korupsi Lukas Enembe Tanggung Jawab Pribadi

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 25 September 2022, 19:54 WIB
PENETAPAN Lukas Enembe (LE) menjadi tersangka oleh KPK mendapat dukungan dari sejumlah tokoh lokal Papua, salah satunya pendeta Alberth...
dok.ist

Pengamat: Kritikan SBY Soal Dugaan Kecurangan Pemilu 2024 Asumsi Saja

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 19:05 WIB
DIREKTUR Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno menilai, kritik Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, SBY soal dugaan...
Instagram @gerindra

Prabowo Sowan Ke 9 Kiai Sepuh NU Jateng, M Qodari: Game Changer di Pilpres 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 17:57 WIB
“Ini memperlihatkan arah baru untuk segmentasi atau basis politik yang dituju. Kita tahu pada 2014 dan 2019 arahnya itu dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya