Rabu 22 Desember 2021, 15:45 WIB

Presiden Tawarkan Konsesi kepada Santri NU

Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum
Presiden Tawarkan Konsesi kepada Santri NU

ANTARA
Presiden Joko Widodo menyampaikan amanat saat pembukaan Muktamar Nahdlatul Ulama ke-34 di Pondok Pesantren Darus Sa'adah, Lampung.

 

PRESIDEN Joko Widodo meminta Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU) memfasilitasi para santri muda untuk terjun langsung menjadi pelaku bisnis.

Fasilitas yang dimaksud bisa berupa pembentukan badan atau kelompok usaha yang nantinya akan diisi sepenuhnya oleh para anggota muda.

Baca juga: Pontjo Sutowo Kembali Terpilih Sebagai Ketua Umum FKPPI

Jika perusahaan sudah terbentuk, pemerintah siap membantu dari segi konsesi, baik sektor pertanian, perkebunan bahkan pertambangan.

"Saya menawarkan yang muda-muda ini dibuatkan sebuah wadah, bisa PT atau kelompok usaha. Kalau sudah, nanti saya menyiapkan konsesi, baik itu pertanian silakan. Yang pengen bergerak di usaha nikel, batubara, bauksit, tembaga juga silakan," ujar Jokowi dalam pembukaan Muktamar ke-34 NU di Lampung, Rabu (22/12).

Wacana tersebut, ucap kepala negara, sangat mungkin untuk segera direalisasikan. Asalkan ada gerakan cepat untuk membangun sebuah serikat agar bisnis yang ditekuni bisa berjalan dengan baik hingga akhirnya bisa memberi manfaat besar bagi para nahdliyin dan masyarakat secara luas.

"Saya ingin ada kelompok usaha besar sehingga bisa menggeret gerbong-gerbong lain untuk ikut menikmati ini. Ini memang sebuah kerja besar tapi saya melihat peluangnya ada," tutur mantan wali kota Solo itu.

Tawaran yang dilemparkan Jokowi bukan tanpa alasan. Ia melihat, saat ini, ada begitu banyak santri, baik di dalam maupun luar negeri, yang memiliki potensi besar.

Bila para pemuda itu disatukan dalam satu wadah, ia yakin mereka bisa melakukan hal yang luar biasa.

"Saya melihat kekuatan NU sekarang ada pada anak-anak muda. Santri-santri itu pintar-pintar. Kalau ini bisa d dirajut dalam sebuah kekuatan lokomotif, saya meyakini ini bisa menarik gerbong-gerbong yang ada di bawah untuk bersama sama dalam rangka mensejahterakan umat," tandasnya.  (OL-6)

Baca Juga

Dok MI

Ahok: Buya Syafii Maarif Teladan Merawat Kebinekaan

👤Selamat Saragih 🕔Jumat 27 Mei 2022, 20:24 WIB
Ahok dan Buya Syafii memang cukup dekat. Bahkan Buya Syafii pernah membela Ahok yang tersandung kasus penistaan...
Antara

Mengaku Kerap Diintimidasi, Gubernur Papua Minta Perhatian dari Presiden

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 27 Mei 2022, 19:13 WIB
Menurut Lukas Enembe, dirinya merupakan satu-satunya dari 34 gubernur di Indonesia yang kerap mendapat perlakuan tidak...
MI/MOHAMAD IRFAN

KPK Blokir rekening senilai Rp139,4 miliar terkait Korupsi Alutsista

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 27 Mei 2022, 18:40 WIB
Dalam kasus itu, KPK telah menetapkan Irfan Kurnia Saleh (IKS) selaku Direktur PT DJM dan pengendali PT Karsa Cipta Gemilang (KCG) sebagai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya