Sabtu 20 November 2021, 17:05 WIB

Tingginya Militansi Relawan untungkan Figur Non-Parpol

Putra Ananda | Politik dan Hukum
Tingginya Militansi Relawan untungkan Figur Non-Parpol

MI/Seno
Ilustrasi

 

FENOMENA kemunculan relawan jelang pelaksanaan pemilu presiden (pilpres) tahun 2024 mendatang membawa manfaat positif bagi figur atau kandidat bakal calon presiden (capres) non partai politik (parpo). Relawan meningkatkan daya tawar figur non parpol kepada parpol selaku pemegang tiket pengusungan capres.

"Peran relawan ini sebagai penyeimbang kekuatan partai politik sebagai pemegang tiket Pilpres. Dengan munculnya relawan, figur-figur khususnya yang berasal dari non-parpol bisa didorong karena mendapat dukungan dari relawan-relawan itu," ungkap Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda saat dihubungi di Jakarta, Sabtu (20/11).

Meski pilpres baru akan berlangsung 2 setengah tahun ke depan, Hanta menyebut bahwa secara kalender politik persiapan pencalonan pilpres memang perlu segera dilakukan. Tidak heran apabila sejumah parpol mauapun elite politik mulai menghitung-hitung peluang dan menjalin komunikasi politik.

Baca juga: Kepastian Muktamar ke-34 NU Akan Diputuskan dalam Musyawarah Terbatas

"Termasuk salah satu fenomena politik yakni munculnya relawan-relawan yang mendeklarasikan dukungan kepada beberapa figur," jelasnya.

Kehadiran relawan dikatakan Hanta dapat membangun persepsi publik. Figur yang didukung maju pada kontestasi ialah figur yang didukung secara politik oleh publik melalui kekuatan relawan. Selain itu, relawan bukan sekadar perkumpulan dalam membentuk opini.

"Tetapi juga mesin politik potensial di luar partai politik. Bahkan, karena statusnya relawan terkadang militansinya lebih tinggi dari mesin yang dibuat oleh parpol sendiri," ujarnya.

Habta menjelaskan relawan bisa menjadi wadah alternatif bagi pendukung yang non-partai, atau yang tidak mau bergabung dengan mesin partai politik. tetapi punya keinginan mendukung figur tertentu bisa bergabung ke relawan. Dan juga bisa menggaet pemilih milenial. (OL-4)

Baca Juga

BPMI Setpres

KSP: Perjanjian Ekstradisi Bikin Indonesia Makin Dipandang Dunia

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 26 Januari 2022, 18:20 WIB
Mesepakatan ekstradisi dengan Singapura menggambarkan semakin kuatnya kewibawaan kepemimpinan Presiden...
MI/M Irfan.

Kejagung Berharap Pemulangan Buronan di Singapura Kini Lebih Mudah

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 26 Januari 2022, 17:48 WIB
JAM-Intel sendiri memiliki program Tangkap Buronan (Tabur) untuk menangkap para DPO Kejaksaan baik yang berstatus tersangka, terdakwa,...
Dok MI

Pascaekstradisi, Indonesia-Singapura Harus Punya Kesamaan Pandang

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 26 Januari 2022, 16:27 WIB
"Betul-betul harus ada suatu kesamaan pandang yang sama, karena hukum yang berbeda tadi. Tapi ini langkah awal, mudah-mudahan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya