Selasa 26 Oktober 2021, 11:19 WIB

KPK Gelar Program Penguatan Integritas Pejabat Kemenkes

Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum
KPK Gelar Program Penguatan Integritas Pejabat Kemenkes

Ist
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

 

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menggelar program Penguatan Antikorupsi Penyelenggara Negara Berintegritas (PAKU Integritas). Kali ini, program penguatan integritas itu dilakukan kepada menteri dan para pejabat Kementerian Kesehatan. 

"Sebagai upaya pencegahan korupsi melalui pendidikan dengan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan antikorupsi, KPK hari ini kembali akan menyelenggarakan program PAKU Integritas," kata Plt juru bicara KPK Ipi Maryati Kuding, Selasa (26/10). 

Baca juga: Anggota DPR Nilai Aturan Wajib Tes PCR Beratkan Calon Penumpang Pesawat

Pembekalan antikorupsi untuk Kemenkes itu menjadi seri ketujuh. Program tersebut sebelumnya sudah digelar baho jajaran Kementerian ESDM, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilihan Umum. 

"KPK berharap dengan dilakukannya penguatan antikorupsi kepada jajaran Kemenkes melalui program PAKU Integritas dapat menjadi benteng dan bekal dalam menjalankan tugas dengan penuh integritas. Demikian juga dengan peran pasangan masing-masing untuk mendukung terciptanya budaya antikorupsi yang dimulai dari keluarga," imbuh Ipi. 

KPK memandang sektor kesehatan penting dan strategis terkait pencegahan korupsi. Sejumlah kajian pun dilakukan komisi antirasuah sejak 2013 hingga 2020 untuk perbaikan kebijakan. Komisi melakukan kajian antara lain kajian sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pengelolaan dana kapitasi, tata kelola obat sistem JKN, tata kelola alat kesehatan, dana jaminan sosial kesehatan. Pada 2019, KPK turut memberi remomendasi antara lain pada penundaan kenaikan iuran JKN dan perbaikan tata kelola. 

Kemudian, kajian terkait risiko korupsi klaim penanganan covid-19 dan risiko korupsi insentif serta santunan tenaga kesehatan. (OL-6)

Baca Juga

MI/MOHAMAD IRFAN

NasDem Tegur Hillary Brigitta Lasut yang Minta Pengalawan TNI

👤Putra Ananda 🕔Kamis 02 Desember 2021, 21:53 WIB
NasDem tak pernah menginstruksikan kader yang menjadi anggota dewan mengajukan permintaan ajudan kepada...
MI/M. Irfan

Jaksa Eksekusi Uang Penganti Korupsi IM2 Sebesar Rp1,3 Triliun 

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 02 Desember 2021, 19:52 WIB
Gedung IM2 di tanah seluas 24.440 meter persegi yang terletak di Ragunan, Jakarta Selatan menjadi salah satu aset yang...
Ilustrasi

Buron Korupsi Mesin Genset yang Rugikan Negara Rp21 Miliar Ditangkap 

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 02 Desember 2021, 19:35 WIB
im Kejaksaan menangkap Mochtar pada Kamis (2/12) sekira pukul 14.00 WIB di kawasan Menteng, Jakarta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya