Selasa 05 Oktober 2021, 13:20 WIB

Kejagung Identifikasi Laporan PPATK

Tri Subarkah | Politik dan Hukum
Kejagung Identifikasi Laporan PPATK

MI/DUTA
PPATK

 

KEJAKSAAN Agung telah merespon temuan Kepala Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengenai 2.000 lebih laporan hasil analisis (LHA) dan laporan hasil pemeriksaan (LHP) sejak 2016 sampai sekarang. Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Khusus Supardi menyebut pihaknya telah bersurat ke PPATK.

"Kita sudah merespon surat itu. Dari PPATK kan juga sudah menanyakan ke kita," kata Supardi di Gedung Bundar Kejagung, Jakarta, Senin (4/10) malam.

Baca juga: 

Ia menyebut laporan dari PPATK itu ditujukan ke seluruh aparat penegak hukum, termasuk Polri dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Laporan yang diterima oleh Korps Adhyaka, kata Supardi, nantinya juga diteruskan ke kejaksaan daerah.

Dari laporan yang sudah masuk, Supardi menyebut telah ada yang naik ke penyelidikan. Namun, ia enggan membeberkan kasus-kasus tersebut. 

Sebelumnya, Kepala PPATK Dian Ediana Rae menyebut pihaknya telah membuat 2.607 LHA dan 240 LHP sejak 2016 sampai September 2021. Hal itu disampaikannya saat rapat dengar pendapat Komisi III DPR RI pada Rabu (29/9) lalu. Menurutnya, presentase tindak lanjut laporan itu baru 30 persen.

Saat dikonfirmasi Media Indonesia, Dian enggan menguraikan berapa laporan yang diterima setiap aparat penegak hukum. "Ini yang masalah, enggak enak karena menyinggung lembaga lain, mendingan saya ambil rata-rata saja," ujarnya melui keterangan tertulis, Selasa (5/10). (OL-6)

Baca Juga

MI/MOHAMAD IRFAN

NasDem Tegur Hillary Brigitta Lasut yang Minta Pengalawan TNI

👤Putra Ananda 🕔Kamis 02 Desember 2021, 21:53 WIB
NasDem tak pernah menginstruksikan kader yang menjadi anggota dewan mengajukan permintaan ajudan kepada...
MI/M. Irfan

Jaksa Eksekusi Uang Penganti Korupsi IM2 Sebesar Rp1,3 Triliun 

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 02 Desember 2021, 19:52 WIB
Gedung IM2 di tanah seluas 24.440 meter persegi yang terletak di Ragunan, Jakarta Selatan menjadi salah satu aset yang...
Ilustrasi

Buron Korupsi Mesin Genset yang Rugikan Negara Rp21 Miliar Ditangkap 

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 02 Desember 2021, 19:35 WIB
im Kejaksaan menangkap Mochtar pada Kamis (2/12) sekira pukul 14.00 WIB di kawasan Menteng, Jakarta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya