Kamis 02 September 2021, 18:56 WIB

TPNPB-OPM Akui Serang Posramil Maybrat, Papua Barat

Emir Chairullah | Politik dan Hukum
TPNPB-OPM Akui Serang Posramil Maybrat, Papua Barat

Ist
Juru Bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom

 

TENTARA Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB)-OPM mengaku bertanggung jawab atas penyerangan terhadap markas Posramil Kisor Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat, Papua Barat, Kamis. Juru Bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom mengungkapkan, penyerangan yang menyebabkan terbunuhnya empat anggota TNI Angkatan Darat itu dilakukan oleh Kodap Sorong Raya.

“Kami laporkan dari Panglima Kodap Sorong Raya bahwa mereka lakukan operasi penyerangan itu. TPNPB bertanggung jawab atas pembunuhan aparat keamanan tersebut,” kata Sebby dalam keterangannya yang diterima Media Indonesia, Kamis (2/9).

Baca juga: KPPOD: Arahan Pengelolaan APBD Jangan Hanya Jadi Macan Kertas

Sebelumnya empat prajurit TNI AD masing-masing Serda Amrosius, Praka Dirham, Pratu Zul Ansari, dan Sertu Julianto meninggal dunia akibat serangan terhadap Posramil Kisor. Dua anggota lainnya Lettu Chb dirman (Danposramil) dan Pratu Ikbal dikabarkan hilang dan masih dalam pencarian.

Sebby menjelaskan, pasukan di bawah pimpinan Goliath Tabuni tidak akan berhenti melakukan penyerangan terhadap aparat keamanan di seluruh wilayah Papua. Pihaknya juga meminta Pemerintah Indonesia tidak melakukan operasi militer terhadap masyarakat sipil di Papua. “Jangan bunuh masyarakat sipil, tapi cari TPNPB di markas-markas kami,” tegasnya.

Namun demikian, TPNPB ternyata tidak menutup kemungkinan mengakhiri kekerasan di Papua melalui jalur perundingan. Pihaknya, ungkap Sebby, mengajak Presiden Joko Widodo untuk berunding dengan tim juru runding TPNPB untuk mengakhiri kekerasan.

“Kita sudah sampaikan beberapa kali untuk berunding. Karena perang tidak akan berhenti selama Indonesia masih duduk di atas tanah kami,” pungkasnya. (OL-6)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Mantan Anggota KPU RI Viryan Aziz Meninggal Dunia karena Sakit

👤Indriyani Astuti 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 06:46 WIB
Viryan meninggal pukul 01.40 WIB di Rumah Sakit Abdi Waluyo Jakarta, Sabtu...
MI/ Adam Dwi

Penyuap Eks Bupati Buru Selatan Diadili di PN Ambon

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Jumat 20 Mei 2022, 23:10 WIB
Dalam kasus ini KPK menetapkan tiga tersangka, yakni Tagop Sudarsono Soulisa, dan dua pihak swasta Johny Ryndard Kasman serta Ivana...
Antara

Irjen Napoleon Dipecat Usai Semua Kasus Inkrah

👤Siti Yona Hukmana 🕔Jumat 20 Mei 2022, 23:05 WIB
Gatot memastikan Divisi Propam Polri akan melakukan sidang kode etik terhadap...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya