Jumat 26 Februari 2021, 19:09 WIB

Ini Lima King Maker di Pilpres 2024

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Ini Lima King Maker di Pilpres 2024

MI/AGUS M
Direktur Eksekutif Para Syndicate Ari Nurcahyo

 

DIREKTUR Eksekutif Indopolling Network, Wempy Hadir menilai terdapat lima tokoh politik yang paling memengaruhi jalannya pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Kelimanya akan saling bertarung atau mencari kekuatan untuk menguasai pemerintahan lima tahun ke depannya.

"Terdapat lima king maker yang berpotensi besar memengaruhi jalannya pilpres 2024. Itu mulai Presiden Jokowi, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, eks Presiden keenam Soesilo Bambang Yudhoyono dan eks Wakil Presiden Jusuf Kalla," ujarnya pada webinar Bertajuk Meneropong 2024: Capres Potensial dan Persaingan Partai Rumpun Beringin, Golkar, Gerindra, Nasdem, Demokrat?, Jumat (26/2).

Pada kesempatan itu hadir Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Lucius Karus, Peneliti Senior PARA Syndicate FS Swantoro dan Direktur Eksekutif PARA Syndicate Ari Nurcahyo.

Menurut dia, Jokowi meskipun bukan ketua umum partai namun memiliki energi politik yang kuat untuk menentukan pemenang pilpres 2024. Alasannya, Jokowi memiliki pengalaman selama 10 tahun menjadi presiden dan bersinggungan langsung dengan penentuan pemimpin 2024-2029.

"Pengaruh Jokowi lebih dahsyat ketimbang SBY (Soesilo Bambang Yudhoyono) yang sama-sama pernah menjadi presiden dua periode. Kenapa, karena Jokowi langsung bersinggungan dengan pilpres 2024," paparnya.

Baca juga: Vaksinasi Mandiri Akan Pakai Vaksin Sinopharm dan Moderna

Figur berpengaruh kuat kedua, kata dia, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Partainya memiliki elektabilitas paling tinggi dan memenuhi syarat pencalonan presiden dan wakil presiden.

"Ketika dua figur asal PDIP ini bersinergi dan tidak ada goncangan atau keretakan dari keduanya akan memuluskan partainya memenangkan kontestasi nasional," jelasnya.

Selain itu, Wempy mengatakan Prabowo Subianto yang memimpin Partai Gerindra tidak kalah berpengaruh dari dua tokoh sebelumnya. Elektabilitasnya tinggi dari beberapa hasil survei dan berpotensi menjadi kandidat terkuat di 2024.

"Kekuatan ini bila digabung dengan PDIP akan sangat mudah menaklukan pilpres 2024 seperti ketika disandingkan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang juga memiliki elektabilitas tinggi. Sekalipun tidak dengan Ganjar, Prabowo bisa tetap menang ketika disandingkan dengan kader PDIP lain," katanya.

Tokoh berikutnya SBY, kata Wempy. Ayah dari Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono ini masih memiliki kekuatan politik. Tapi itu tidak setinggi Jokowi.

"Pengaruhnya mengalami resistensi karena Partai Demokrat sedang terjadi gejolak internal. Terakhir Jusuf Kalla. Meskipun ia bukan ketua partai tapi manuvernya kerap berhasil seperti dalam mengorbitkan Anies Baswedan di pemilihan gubernur Jakarta," pungkasnya.(OL-4)

Baca Juga

Antara/ Reno Esnir.

Merasa Dijebak, Penyuap Kasus Ekspor Benur Minta Dibebaskan

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 14 April 2021, 14:03 WIB
Aldwin mengklaim kliennya merupakan korban dari praktik korupsi yang...
MI/Rommy Pujianto

KLHK Tangkap Lima Pembom Ikan di Taman Nasional Komodo

👤¬†Atalya Puspa 🕔Rabu 14 April 2021, 13:42 WIB
Tim operasi gabungan menahan lima orang pembom ikan dan menyita perlengkapan penangkapan ikan yang merusak, di kawasan Taman...
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Kasus Nurdin Abdullah, KPK Sita Barang Bukti dari Pengusaha

👤¬†Dhika Kusuma Winata 🕔Rabu 14 April 2021, 13:30 WIB
KPK menggeledah rumah pengusaha dalam penyidikan kasus Gubernur Sulawesi Selatan nonaktif Nurdin...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya