Rabu 27 Januari 2021, 21:30 WIB

Polri Tangkap Terduga Teroris Hendak Gabung ke ISIS

Rahmatul Fajri | Politik dan Hukum
Polri Tangkap Terduga Teroris Hendak Gabung ke ISIS

Dok MI
Ilustrasi

 

DENSUS 88 Anti Teror Mabes Polri menangkap lima terduga teroris di sejumlah lokasi di wilayah Aceh, yakni di Kota Langsa, Banda Aceh dan di Aceh Besar.

Kelima terduga teroris itu, yakni RA (41), SA alias S (30), UM alias AZ alias TA (35), AF (40), MY (46).

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Winardy mengatakan MY, AF, dan RA berencana akan pindah ke Suriah dan Afghanistan untuk bergabung dengan Islamic State IISIS.

"MY, SJ alias AF dan RA merupakan DPO Densus 88 terkait rencana hijrah untuk bergabung dengan ISIS di Suriah dan Afghanistan," ungkap Winardy, melalui keterangannya, Rabu (27/1).

Sementara itu, dua terduga teroris lainnya, UM dan SA merupakan bagian dari jaringan JAD (Jamaah Ansharut Daulah) yang pernah melakukakan bom bunuh diri di Polrestabes Medan beberapa waktu lalu. Keduanya berencana melakukan aksi teror di wilayah Aceh.

"Sedangkan untuk terduga teroris UM alias AA alias TA dan SA merupakan jaringan kelompok Bom Polrestabes Medan dan sedang merencanakan pembuatan bom untuk melakukan aksi amaliyah di wilayah Aceh," ungkapnya.

Winardy mengatakan ke lima terduga teroris tersebut sudah melakukan aktivitas terkait terorisme selama 2 tahun sebelum tertangkap oleh Densus 88 AT.

"Kurang lebih sudah 2 tahun para terduga melakukan aktivitas terorisme sebelum tertangkap oleh Densus 88," pungkasnya. (OL-8)

 

Baca Juga

Dok BNPT

Rakernas FKPT Tekankan Pentingnya Kolaborasi Tangkal Terorisme

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Kamis 04 Maret 2021, 01:19 WIB
sejak 2012 BNPT membentuk Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) yang kini ada di 32 provinsi di seluruh Indonesia guna menumbuhkan...
MI/Andri Widiyanto

Belum Ada Tersangka Baru Kasus Oknum Polisi Jual Senjata ke KKB

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 04 Maret 2021, 00:02 WIB
‘’Masih dua orang itu, masih didalami juga oleh Polda Papua dan Polda Maluku untuk sementara masih dua anggota itu,'';...
MI/Susanto

Ini BB Kasus Asabri, dari Kapal LNG Hingga Mobil Rolls Royce

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 03 Maret 2021, 23:05 WIB
Kejagung telah menyita beberapa barang bukti dalam kasus dugaan korupsi pengelolaan keuangan dan dana investasi PT Asabri, mulai kapal...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya