Senin 04 Januari 2021, 11:55 WIB

Bukan Pesawat Nirawak, Benda Asing di Sulsel Merupakan Seaglider

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Bukan Pesawat Nirawak, Benda Asing di Sulsel Merupakan Seaglider

Ist
ilustrasi drone

 

TNI Angkatan Laut (TNI AL) menganalisa temuan benda mirip pesawat nirawak yang ditemukan di perairan Selayar, Sulawesi Selatan. Hasilnya, barang yang ditemukan nelayan itu merupakan seaglider atau kendaraan bawah laut nirawak namun belum jelas asalnya.

"Bahwasannya alat ini banyak digunakan untuk keperluan survei atau untuk mencari data oseanografi di laut, di bawah lautan. Ini bisa diakses melalui website oleh semua yang bisa mengakses data," ujar Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono saat memberikan keterangan resmi mengenai temuan sea glider di Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) Ancol, Jakarta, Senin (4/1).

Baca juga: Komisi I DPR Minta Temuan Drone Bawah Air di Sulsel Diungkap

Menurut dia, alat yang ditemukan pada 26 Desember 2020 itu bisa digunakan untuk kepentingan industri maupun pertahanan. Hal ini berdasarkan hasil penelitian lebih lanjut Pushidrosal, lembaga yang kompeten untuk meneliti peralatan tersebut.

"Sehingga kemarin pagi alat tersebut kita bawa dari Surabaya ke Jakarta supaya jelas apa fungsi maupun kegunaan dari alat tersebut," paparnya.

Ia mengatakan, benda yang ditemukan nelayan Desa Majapahit, Selayar, saat memancing itu terbuat dari alumunium dengan dua sayap berukuran masing-masing 50 cm, kamera dan antena di bagian belakang dengan panjang 93 cm.

"Namun tidak ditemukan ciri-ciri perusahaan negara pembuat. Ini dia, tidak ada tulisan apapun di sini, dari awalnya demikian. Kita tidak merekayasa, masih persis seperti yang ditemukan nelayan," pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

.

Pejabat Gubernur dari TNI/Polri Hanya dalam Kondisi Darurat Militer

👤RO/Micom 🕔Jumat 27 Mei 2022, 11:51 WIB
Keterlibatan militer sebagai penguasa daerah dilakukan ketika suatu daerah menjadi Darurat Militer dan Darurat...
ANTARA/Dhemas Reviyanto

Demonstrasi UU P3 Salah Alamat

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 11:48 WIB
Jika sudah disahkan, lalu unjuk rasa, maka hal itu sudah melenceng dari asas proporsionalitas, karena DPR tidak bisa membatalkan UU yang...
Instagram @pbmathlaulanwar

Diundang Isi Tausiyah, Ketua MA Bantah Dukung Sandiaga Uno

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 11:42 WIB
Haji Embay mengaku terang-terangan telah meminta kepada yang mengundang dirinya agar tidak ada deklarasi dukungan kepada siapa pun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya