Rabu 02 Desember 2020, 18:40 WIB

Eks Komisioner KPK: Nurhadi Sudah Aneh-Aneh Sejak 2010

Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum
Eks Komisioner KPK: Nurhadi Sudah Aneh-Aneh Sejak 2010

MI/DHIKA KUSUMA WINATA
Eks Komisioner KPK Saut Sitomorang (kanan atas) sebagai salah satu pembicara diskusi daring tentang penanganan perkara Nurhadi, Rabu (2/12).

 

EKS Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi Abdurrachman yang kini menjadi terdakwa dugaan korupsi rupanya telah masuk radar Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) sejak 10 tahun lalu. Aliran uang yang terpantau dapat menjadi petunjuk pengenaan pasal tindak pidana pencucian uang (TPPU).

"PPATK sejak 2010 sudah melihat yang aneh-aneh. PPATK pada 2010 membuat analisa terhadap yang bersangkutan (Nurhadi) dan istrinya tapi ini kemudian berhenti. Saya melihat ini kekuatan untuk menjadi TPPU-nya ada tapi kompleksitasnya seperti apa ini juga bisa dibuka lagi ke PPATK," kata mantan Komisioner KPK Saut Situmorang dalam diskusi bertajuk Mengurai Benang Kusut Penanganan Perkara Nurhadi, Rabu (2/12).

Baca juga: KPK Didorong Jerat Nurhadi dengan Pencucian Uang

Saut menilai penerapan TPPU untuk Nurhadi dimungkinkan. Ia mengatakan diduga masih ada aset-aset Nurhadi yang belum terungkap. Menurut Saut, dalam persidangan Nurhadi yang kini berjalan memang terdapat pengembangan. 

Saat penetapan tersangka Desember tahun lalu, Nurhadi disangkakan menerima suap dan gratifikasi Rp46 miliar. Di persidangan jumlah itu naik menjadi Rp83 miliar. (P-2)

Baca Juga

ANTARA

Daerah Diminta Siapkan APBD untuk Vaksinasi Covid-19

👤Indriyani Astuti 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 13:15 WIB
Pemda diharapkan dapat melakukan pemantauan dan penanggulangan kejadian ikutan pasca imunisasi Covid-19 bersama dinas kesehayan dan Badan...
DOK ALUMNI AAU

Alumni AAU 2006 Kirim 1,8 Ton Bantuan ke Sulbar dan Kalsel

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 11:05 WIB
Bantuan berupa makanan, minuman, obat-obatan, masker serta kebutuhan lainnya yang dipusatkan di Lanud Iswahyudi, Magetan, Jawa...
Dok.MI

Densus 88 Tangkap Dua PNS yang Diduga Teroris di Aceh

👤Antara 🕔Jumat 22 Januari 2021, 21:39 WIB
Winardy mengatakan bahwa terduga berinisial SB alias AF merupakan pegawai negeri...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya