Rabu 25 November 2020, 12:43 WIB

Pangdam Jaya Sebut Ada Kelompok Islam yang Mengklaim Kebenaran

Rahmatul Fajri | Politik dan Hukum
Pangdam Jaya Sebut Ada Kelompok Islam yang Mengklaim Kebenaran

ANTARA/Dhemas Reviyanto
Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Dudung Abdurachman

 

PANGLIMA Kodam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman menyikapi fenomena di umat Islam yang belakangan ini disibukkan dengan perdebatan esensi Islam. Ia melihat ada kelompok kecil di umat Islam yang mengklaim kebenarannya sendiri dan menepikan yang lain.

Dudung mengatakan upaya itu untuk melahirkan tafsir tunggal sesuai keinginan kelompok itu.

"Gerakan atau harakat, oleh sejumlah kecil umat Islam amar ma'ruf nahi munkar digunakan untuk seolah-olah melakukan klaim kebenaran sembari menegasikan yang lain. Outputnya tentu hitam dan putih melahirkan tafsir tunggal, sehingga yang muncul di permukaan adalah wajah agama yang kaku dan maunya menang sendiri," kata Dudung dalam Acara Ngopi bareng Pangdam Jaya di Markas Kodam Jaya Jalan Mayjen Sutoyo, Cililitan, Jakarta Timur, Rabu (25/11).

Baca juga: Pernyataan tak Ada Klaster di Petamburan Dinilai Terlalu Prematur

Dudung mengatakan keinginan menang sendiri itu patut dipertanyakan. Pasalnya, kata ia, Islam merupakan agama untuk seluruh alam dan Nabi Muhammad SAW diutus untuk seluruh umat. Islam mengajarkan hidup berdampingan meski dengan mereka yang berkeyakinan berbeda.

Selain itu, Dudung menegaskan Islam yang dibawa Nabi Muhammad SAW mengajarkan kebaikan dan menjauhi keburukan.

"Nabi Muhammad, melalui para ulama, dengan jelas mengajarkan kebenaran, kebaikan, serta menjauhi keburukan. Jadi, siapa pun melakukan keburukan lalu mengatasnamakan agama, ketahuilah itu bukan sejatinya agama, itu hanya mengatasnamakan agama," tegas Dudung.

Lebih lanjut, Dudung mengatakan dengan Islam yang sejatinya membawa kebaikan, umat juga jangan sampai terpecah belah oleh provokasi yang ada. Ia mengingatkan agama Islam merupakan kebersamaan dan solidaritas, bukan perpecahan.

"Esensi dari agama Islam adalah ukhuwah bukan perpecahan, solidaritas, bukan pertikaian, kebersamaan dan bukan mentalitas yang maunya menang sendiri," pungkas Dudung. (OL-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Peran Bakamla kian Luas

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 18 Januari 2021, 03:10 WIB
PERAN Bakamla RI sangat...
MI/Susanto

Lembaga Pemilu Coba Tunjukkan Kuasa

👤Emir Chairullah 🕔Senin 18 Januari 2021, 03:05 WIB
Elite politik sengaja membuat konfl ik antarlembaga pemilu agar mereka mendapatkan keuntungan. Dengan adanya pertentangan ini, elite...
MI/Susanto

Timbulkan Masalah Konstitusional

👤Tri Subarkah 🕔Senin 18 Januari 2021, 02:05 WIB
DESAIN keserentakan pemilu dipastikan menjadi salah satu klausul yang akan masuk dalam revisi Undang-Undang (RUU) Nomor 7 Tahun 2017...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya