Kamis 06 Agustus 2020, 15:25 WIB

Menkominfo: Sektor Komunikasi dan Informasi Tumbuh Cukup Baik

M. Iqbal Al Machmudi | Politik dan Hukum
Menkominfo: Sektor Komunikasi dan Informasi Tumbuh Cukup Baik

Ilustrasi
Komunikasi dan informasi

 

MENTERI Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate, menyebutkan bahwa sektor komunikasi dan informasi tumbuh 10,8% di tengah pandemi. Pertumbuhan tersebut dinilai cukup baik.

"Salah satu sektor yang masih memberikan kontribusi pada perekonomian nasional menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) adalah sektor Informasi dan Komunikasi. Pertumbuhan pada sektor tersebut mencapai 10,8% pada sektor lainnya yang mengalami minus cukup dalam," kata Johnny saat menyampaikan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan 2019 secara daring, Kamis (6/8).

Johnny mengatakan perekonomian dunia saat ini berpengaruh pada kondisi pertumbuhan perekonomian Indonesia yang negatif dan stimulus APBN menjadi faktor penting untuk menjaga perekonomian negara khususnya menjaga daya beli masyarakat.

"Kita mengetahui perekonomian global luar biasa terdampak akibat covid, kita juga tahu menjaga daya beli masyarakat," ujar Johnny.

"Saya juga berharap pikiran cerdas dan semangat yang luar biasa dapat meningkatkan sektor informasi dan komunikasi, agar mampu bersama-sama dengan sektor lainnya menjaga perekonomian nasional," tambahnya.

Dirinya juga berharap belanja modal pemerintah agar secepat-cepatnya dibelanjakan.

Baca juga : Pekan Depan Kejagung Umumkan Nasib Jaksa Pinangki

"BPK pun memiliki harapan yang sama tentunya dengan proses yang pruden dan akuntabel. Kita harus mencari cara dan kebijakan yang luar biasa, belanja dar APBN harus mentrigger ekonomi seawal mungkin," jelasnya.

Sementara itu, Anggota III Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Achsanul Qosasi meminta Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) untuk membantu perekonomian masyarakat melalui fasilitas e-learning dengan memanfaatkan Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia (TVRI) dan Radio Republik Indonesia (RRI).

Hal ini untuk membantu pembelajaran daring atau e-learning bagi pelajar di masa pandemi saat ini.

"BPK juga menyoroti tugas e-learning karena ini tugas dari kominfo. Ada 2 institusi yang membantu progrma ini yakni LPP TVRI dan RRI," ujar Achsanul.

Kemkominfo harus mengoptimalkan peran TVRI dan RRI agar lebih bermanfaat kepentingan komunikasi dan pencerdasan masyarakat.

"Tolong 2 institusi tersebut yang secara fungsional di bawah kendali Kominfo, banyak program Kominfo yang bisa disalurkan di TVRI dan RRI," tandas Achsanul. (OL-2)

 

Baca Juga

Ist

KPK Selisik Aliran Dana Kasus Ketok Palu RAPBD Jambi

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 13:29 WIB
Sepuluh orang yang diperiksa itu yakni Ketua DPRD Jambi 2014-2019 Cornelis Buston, dua Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi 2014-2019...
MI/CIKWAN

KPK Panggil Dedi Mulyadi Terkait Korupsi di Indramayu

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 12:21 WIB
KPK memeriksa Dedi untuk mendalami rasuah yang dilakukan anggota DPRD Jawa Barat Ade Barkah Surahman dan mantan anggota DPRD Jawa Barat...
MI/Rommy Pujianto

Sertifikat Vaksin Covid-19 Jadi Syarat Layanan Publik, Ombudsman: Diskriminatif

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 11:26 WIB
Kebijakan pemerintah yang mensyaratkan sertifikat vaksinasi covid-19 sebagai 'screening' pelayanan publik merupakan tindakan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kenyang Janji dan Pasrah Menunggu Keajaiban

Sejak peristiwa gempa bumi disertai tsunami dan likuefaksi di Palu, Sigi, dan Donggala, Sulawesi Tengah hingga kini masih banyak warga terdampak bencana tinggal di hunian sementara.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya