Selasa 25 Februari 2020, 20:57 WIB

Buru Nurhadi, KPK Telusuri Sejumlah Lokasi di Jakarta

Dhika kusuma winata | Politik dan Hukum
Buru Nurhadi, KPK Telusuri Sejumlah Lokasi di Jakarta

ANTARA FOTO/Reno Esnir
Mantan Sekretaris Mahkamah Agung Nurhadi Abdurrachman

 

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah sejumlah lokasi di Surabaya dan Jakarta untuk memburu mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi. Selain menggeledah kantor pengacara Rahmat Santoso & Partner di Surabaya, Jawa Timur, tim komisi juga tengah mencari keberadaan Nurhadi di dua lokasi di Jakarta.

"Kami menindaklanjuti informasi awal terkait keberadaan para tersangka namum kami tidak bisa menyampaikan semua tempat mana yang sudah dilakukan penggeledahan," kata Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (25/2).

Sore tadi, KPK melakukan penggeledahan di kantor pengacara Rahmat Santoso & Partner di Surabaya, Jawa Timur. Kantor pengacara itu diketahui milik adik dari istri Nurhadi, Tin Zuraida. Ali mengatakan KPK turut mencari informasi dan keberadaan Nurhadi di kantor hukum milik adik iparnya tersebut.

"Dari penggeledahan yang tadi sudah dilakukan penyidik menemukan beberapa dokumen yang kami anggap terkait dengan berkas perkara. Serta (disita) alat komunikasi juga kemudian bagian yang akan dilakukan penyitaan," ujar Ali.

Dalam kasus itu, KPK menetapkan Nurhadi beserta menantunya Rezky Herbiono dan Direktur PT Multicon Indrajaya Terminal (PT MIT) Hiendra Soenjoto sebagai tersangka kasus pengurusan perkara di lingkungan MA. Hingga kini, ketiganya belum ditahan KPK dan diketahui kerap tidak memenuhi panggilan penyidik.

Selama menjabat sekretaris di MA, Nurhadi diduga melakukan perdagangan perkara dan menerima suap serta gratifikasi senilai Rp46 miliar.

Adapun Rezky diduga menjadi perantara suap kepada Nurhadi dalam sejumlah pengurusan perkara perdata, kasasi, dan peninjauan kembali. Sementara itu, Hiendra disangkakan sebagai pemberi suap pengurusan perkara.(OL-4)

Baca Juga

MI/Dero Iqbal Mahendra

Cegah Hoaks dan Ujaran Kebencian Bawaslu Perkuat Kehumasan

👤Dero Iqbal Mahendra 🕔Rabu 29 Juni 2022, 10:20 WIB
Dalam upaya mencegah terjadinya meluasnya hoaks dan ujaran kebencian seperti pada pemilu 2019 lalu, Bawaslu Jakarta Barat mengadakan...
ANTARA/Teresia May

Buruh Apresiasi Rencana Pemberian Cuti Melahirkan Enam Bulan

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Rabu 29 Juni 2022, 09:18 WIB
"Tidak ada sejarahnya perusahaan bangkrut hanya gara-gara memberikan hak cuti melahirkan yang panjang kepada...
Ist

PBB: Ujaran Kebencian Rusak Solidaritas Komunitas Sosial

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 23:57 WIB
Ujaran kebencian telah menjalar dan merusak kohesi sosial dan merusak pemahaman bersama yang seharusnya ada dalam sebuah komunitas dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya