Sabtu 07 Desember 2019, 09:10 WIB

Munas Golkar Pengaruhi Politik Nasional

Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum
Munas Golkar Pengaruhi Politik Nasional

MI/RAMDANI
Ketua DPR Puan Maharani.

 

KETUA DPR Puan Maharani mengemukakan harapan agar Partai Golkar semakin solid. Dengan dilaksanakannya musyawarah nasional (munas) Golkar pada 3-6 Desember, ia berharap partai tersebut dapat semakin kuat dalam menjaga demokrasi di Indonesia.

Menurut Puan, pelaksanaan munas Golkar akan berpengaruh terhadap kondisi politik nasional. Itu karena Golkar berpredikat sebagai partai dengan perolehan kursi nomor dua terbanyak di DPR sekaligus anggota koalisi pemerintah. "Jadi, jika terjadi gejolak dalam munas, politik nasional juga akan bergolak. Demikian pula kondisi di DPR," ungkap Puan.

Dengan selesainya munas yang berlangsung mulus, Puan berharap kesolidan Golkar membuat situasi di parlemen makin kondusif tanpa kehilangan sifat dinamisnya. "Dan kita makin fokus bergotong royong mewujudkan Indonesia maju.''

Puan menegaskan, kongres, munas, atau muktamar sebagai forum tertinggi pengambilan keputusan partai ialah upaya untuk mendesain ulang program-program partai agar menjadi partai yang sehat.

Puan menilai partai yang sehat merupakan syarat mutlak karena saat ini partai merupakan sumber perekrut-an pemimpin, baik di pusat maupun daerah.

Dalam munas Golkar, Airlangga Hartarto dipastikan kembali memimpin Partai Golkar 2019-2024. Tugas paling dekat Airlangga, yaitu menyusun struktur kepengurusan lima tahun mendatang. Airlangga punya waktu maksimal 60 hari menyusun kabinet yang akan membantunya mengemudikan partai berlambang pohon beringin itu.

Nama-nama anggota 'kabinet' baru Airlangga masih jadi teka-teki. Itu termasuk ada tidaknya nama Bambang Soesatyo (Bamsoet) beserta para pendukungnya, dalam struktur kepengurusan.

Ada sejumlah nama politikus Golkar yang jadi loyalis Bamsoet. Sebut saja Ahmadi Noor Supit, Nusron Wahid, Syamsul Rizal, Andi Sinulingga, Misbakhun, dan Bendahara Umum Golkar demisioner Robert Kardinal.

Hingga malam penutupan Munas X Golkar (5/12), Airlangga baru mengumumkan Lodewijk Paulus sebagai sekjen. (Pro/P-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Pameran Arsip Kepresidenan dari Masa ke Masa Resmi Dibuka

👤Indriyani Astuti 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 13:32 WIB
Pameran yang mengangkat tema “Indonesia Menjawab” dibuka oleh Menteri Sekretaris Negara, Pratikno di halaman parkir Gedung...
Ist/DPR

Rachmat Gobel Dorong Kesejahteraan Sosial dan Ekonomi Masyarakat Perbatasan

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 13:26 WIB
Kawasan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) sebagai episentrum pengembangan kawasan perbatasan negara dan juga pusat pertumbuhan ekonomi baru...
Ist

PB HMI Daftarkan Diri Sebagai Lembaga Pemantau Pemilu dari Bawaslu

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 13:13 WIB
Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) resmi mendaftar sebagai lembaga pemantau Pemilu di Badan Pengawas Pemilihan Umum...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya