Selasa 27 Agustus 2019, 13:18 WIB

KPU Akan Berikan Penghargaan kepada Jusuf Kalla

Dero Iqbal Mahendra | Politik dan Hukum
KPU Akan Berikan Penghargaan kepada Jusuf Kalla

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Wakil Presiden Jusuf Kalla (kedua kanan)

 

KETUA Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman hari ini menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla. Dalam pertemuan tersebut Arief mengaku mendiskusikan sejumlah hal termasuk berencana mengundang Jusuf Kalla ke Konsolidasi nasional persiapan pilkada 2020.

"Kami sampaikan ingin memberikan penghargaan kepada tokoh yang kami anggap punya kontribusi besar di bidang demokrasi, pemilu dan perdamaian. Rencananya kita akan berikan kepada pak Jusuf Kalla," tutur Arief di Kantor Wakil Presiden, Selasa (27/8).

Arief menerangkan penghargaan tersebut sudah KPU berikan sebanyak tiga kali sebelumnya. Pertama kepada mantan Presiden BJ Habibie atas peran dalam demokrasi dan pemilu, kedua kepada Profesor Ramlan Surbakti atas konsistensinya terhadap demokrasi dan kepemiluan sebelum dan sesudah reformasi.

Arief melanjutkan pemilihan Jusuf Kalla sendiri didasari oleh sejumllah alasan. Jusuf Kalla menurut Arief bukan hanya berperan dalam perdamaian di Indonesia dan internasional. Selain itu Jusuf Kalla juga dinilai berperan besar dalam berbagai polemik dan problem kepemiluan di Indonesia selama ini.

Contohnya pada pemilu 2014 ketika terjadi kepengurusan ganda parpol menjelang pilkada 2015 yang menjadi cukup pelik karena UU mengatakan calon pilkada dicalonkan oleh parpol. Tetapi dengan dua kepengurusan di parpol hal tersebut menjadi sulit, Jusuf Kalla kemudian mengusulkan jalan keluar dari persoalan tersebut.

"Bukan hanya sekadar beliau Wakil Presiden, maupun beliau orang partai, bukan, tapi banyak hal. Termasuk pendapat-pendapat beliau tentang penyelenggaraan pemilu itu kita kutip, kita pelajari sebenarnya," tutur Arief.

Lebih lanjut ia menjelaskan sebelumnya KPU telah merumuskan 3 kandidat, tetapi dalam rapat pleno kemudian disepakati bahwa Jusuf Kalla layak menerima penghargaan tersebut, dan Jusuf Kalla telah menyatakan kesediaannya. (OL-4)

Baca Juga

Dok.MI/Youtube

Kejagung Ajukan Pencegahan Surya Darmadi ke Luar Negeri

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 18:47 WIB
Surya merupakan tersangka kasus korupsi dan pencucian uang terkait penguasaan lahan kelapa sawit yang diusut Jaksa Agung Muda Bidang Tindak...
DOK propampresisi.polri.go.id.

Apa itu Divisi Propam Polri? Ini Sejarah, Tugas, dan Kewajibannya

👤Meilani Teniwut 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 18:23 WIB
Lantas, apa yang dimaksud dengan Propam? Apa saja tugas dan sejarahnya? Nah, untuk menjawab semua pertanyaan-pertanyaan itu, simak...
MI/Moh. Irfan

Belum Lama Muncul, PKR Targetkan Masuk 5 Besar Parpol

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 17:05 WIB
Partai Kedaulatan Rakyat (PKR) menjadi partai politik ke-23 yang telah menyerahkan dokumen pendaftaran peserta Pemilu 2024 ke KPU...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya