Minggu 09 Juni 2019, 18:15 WIB

Hati-Hati, Swafoto di Tengah Jalan Bisa Dipenjara Tiga Bulan

M Iqbal Al Machmudi | Politik dan Hukum
Hati-Hati, Swafoto di Tengah Jalan Bisa Dipenjara Tiga Bulan

Instagram
Ilustrasi

 

FENOMENA berswafoto atau selfie yang dilakukan masyarakat di tengah jalan yang sepi yang viral saat libur Lebaran atau momen tertentu lainya ternyata bisa mendapat hukuman penjara tiga bulan.

Aksi swafoto itu termasuk pelanggaran ketertiban umum. "Selfie ditengah jalan termasuk mengganggu ketertiban umum. Bisa dikenakan undang-undang ketertiban umum masuk dalam tindak pidana ringan," kata Kasubdit Penegakan Hukum (Gakkum) Ditlantas Polda Metro Jaya Komisaris Muhammad Nasir saat dihubungi, Minggu (9/6).

Selfie di tengah jalan secara langsung menggangu pengemudi kendaraan baik roda dua dan roda empat yang melintas. Risiko kecelakaan sangat tinggi jika melakukan hal tersebut.

"Sanksinya bisa kurungan dan denda. Kurungan di bawah tiga bulan dan tindak pidana ringan hukumannya di bawah satu juta," ujar Nasir.

"Prioritas penggunaan jalan hanya untuk kalau ada orang yang menggunakan fungsi jalan tersebut secara permanen misalnya untuk event maka harus izin kepada pemangku kepentingan," ujar Nasir.

Baca juga: Tepati Janji, Nicholas Saputra Swafoto Usai Nyoblos

Pemangku kepentingan yang dimaksud Nasir, ialah pemerintah daerah, dinas perhubungan, dan kepolisian selaku pihak yang mengamankan di jalanan.

Nasir mengimbau masyarakat tidak lagi melakukan swafoto ditengah jalan. Dia meminta masyarakat untuk bijak berperilaku di jalan meskipun kondisi jalan lengang.

"Jalan itu fungsinya ada empat sesuai dengan undang-undang, yakni sebagai lalu lintas kendaraan bermotor, kendaraan tidak bermotor, gerobak, sepeda angin, dan pejalan kaki," tegasnya. (OL-7)

Baca Juga

Antara

Kapolri Naikkan Pangkat Anggota yang Tewas dalam Tragedi Kanjuruhan

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Senin 03 Oktober 2022, 22:44 WIB
Dua anggota kepolisian yang tewas, yakni Briptu Fajar Yoyok Pujiono dan Brigadir Andik Purwanto, juga telah dimakamkan secara...
ANTARA

Polisi Naikkan Status Tragedi Kanjuruhan ke Penyidikan

👤 Khoerun Nadif Rahmat 🕔Senin 03 Oktober 2022, 22:38 WIB
Keputusan menaikkan status menjadi penyidikan tersebut dilakukan setelah tim melakukan gelar...
ANTARA/Ari Bowo Sucipto

Komnas Telusuri Pelanggaran HAM dalam Insiden di Kanjuruhan

👤Bagus Suryo 🕔Senin 03 Oktober 2022, 22:24 WIB
Setelah melakukan investigasi ke kandang 'Singo Edan' itu, Komnas HAM menyatakan pihaknya menemukan dugaan adanya pelanggaran HAM...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya