Jumat 08 Maret 2019, 17:47 WIB

Gus Nadir Ajak Saring sebelum Sharing

Ardi Teristi | Politik dan Hukum
Gus Nadir Ajak Saring sebelum Sharing

Twitter

 

DOSEN Fakultas Hukum Monash University Australia yang juga Rais Syuriah NU Pengurus Cabang Istimewa Australia, Nadirsyah Hosen, atau yang kerap disapa Gus Nadir mengajak masyarakat selalu berhati-hati dan tidak terjebak dalam kultur serbainstan.

"Dewasa ini kita menghadapi serbuan berita dan informasi yang tidak jelas. Beredar di group Whatsapp atau Instagram, penggalan terjemah hadis atau cuplikan kisah Nabi Muhammad SAW yang sayangnya sering dipakai untuk menghakimi praktik ibadah ataupun pilihan hidup orang lain, hingga pilihan di tempat pemungutan suara (TPS) saat pemilu presiden (pilpres)," tutur Gus Nadir lewat siaran pers yang diterima Media Indonesia, Jumat (8/3).

Baca juga: Agnez Mo Ajak Kawula Muda Kritis Saring Hoaks

Menurut dia, ada krisis yang tengah terjadi pada masyarakat saat ini. Seperti, jelas dia, kecenderungan memilih jalan instan dalam beragama, membabi buta dalam memaknai pesan agama, gemar menuduh dan menyalahkan sesama, mudahnya memproduksi dan mendistribusi hoaks di media massa, dan sikap eksklusif.

Gus Nadir kemudian mengumpulkan berbagai tulisan mengenai Nabi Muhammad Saw, termasuk berupaya mengklarifikasi beberapa hadis yang disalahtafsirkan, supaya semua tergerak untuk semakin meneladani Rasulullah. Semua itu dikumpulkan dalam buku berjudul Saring sebelum Sharing.

Melalui buku ini, Gus Nadir ingin menyampaikan sekaligus mengajak pembaca Muslim untuk senantiasa berhati-hati dalam  beragama dan bermuamalah kepada sesama.

"Kebanyakan disodorkan dengan instan dan menghakimi orang lain. Buku ini hendak melakukan konter wacana terhadap kecenderungan belajar secara instan tersebut," kata dia.

Baca juga: Gus Sholah Minta Masyarakat Saring Informasi Cegah Hoaks

Buku itu diterbitkan oleh Bentang Pustaka. Editor Bentang Pustaka, Nurjannah Intan, menceritakan bagaimana sikap kehati-hatian Gus Nadir dalam memilih referensi.

"Beberapa hadis yang kerap diperdebatkan, beliau kupas dengan detail dan diberi penjelasan mengenai konteks. Pembaca bisa meneladani sikap Gus Nadir yang selalu tabayun dalam menerima informasi," ujar Nurjannah. (A-1)
 

Baca Juga

DOK DPR RI

Puan Maharani: 70 Persen Nakes pada Penanganan Covid-19 adalah Perempuan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 28 November 2021, 11:10 WIB
Puan menambahkan, kesetaraan gender di parlemen juga merupakan langkah penting dalam kehidupan bermasyarakat di masa post pandemi...
DOK DPR RI

Eva Yuliana Dukung Peningkatan Kesejahteraan Jaksa

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 28 November 2021, 11:01 WIB
Menurut Eva, ketika kesejahteraan para jaksa itu terpenuhi, maka dapat meminilisir hal-hal yang tidak...
DOK DPR RI

DPR Minta Perketat Pintu Masuk ke Indonesia

👤Sri Utami 🕔Minggu 28 November 2021, 08:40 WIB
Indonesia harus berkoordinasi dan bersinergi dengan masyarakat internasional guna meningkatkan pemahaman, antisipasi dan pengendalian...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya