Selasa 01 Maret 2022, 18:39 WIB

Komponen Ini Jadi Anti Virus Gredek di Motor Matic 

Mediaindonesia.com | Otomotif
Komponen Ini Jadi Anti Virus Gredek di Motor Matic 

Dok. Pribadi
Pemasangan komponen Fenrir F1R di Motor Matic

 

MOTOR matic kini menjadi kendaraan paling populer di Indonesia. Melansir data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan domestik sepeda motor sepanjang Januari 2022 tercatat 443.890 unit. 

Penjualan tersebut naik 14,5 persen dibandingkan bulan Desember 2021. Jika dibandingkan dengan Januari 2021, meningkat 9,9 persen year-on-year (yoy). Segmen motor matic terbanyak dengan pangsa pasar 88,66 persen. Artinya, motor matic menjadi kendaraan dengan populasi terbesar. 

Meski demikian, sudah bukan rahasia lagi kalau jenis kendaraan motor matic juga memiliki masalah yang sering dikeluhkan, ibarat virus yang sudah menjamur dikalangan pengguna motor matic. Penyakit motor yang paling sering dialami oleh pengguna matic adalah masalah gredek atau timbul getaran di RPM rendah pada saat motor mulai melaju, masalah ini sering dialami oleh motor matic dengan kubikasi 125cc hingga 150cc. Apakah anda juga mengalami masalah serupa?  

Hal ini juga terjadi dan sering dikeluhkan oleh konsumen dari bengkel Ungu Motor-Norival Autoparts yang pusatnya berlokasi di Sukabumi, Jawa Barat. Dadan sebagai pemilik bengkel pun telah melakukan pengujian dengan berbagai komponen merek berbeda, yang pada akhirnya komponen kampas ganda set lansiran Fenrir Engineering dengan kode F1R diklaim sebagai obat paling ampuh untuk menuntaskan masalah gredek secara permanen.  

Bengkel Ungu Motor-Norival Autoparts menguji langsung produk kampas ganda Fenrir F1R di motor matic Honda Vario 150 milik nya yang sebelumnya juga mengalami masalah serupa. 

Baca juga : Dyandra Gelar Road to IIMS Hybrid 2022 Secara Virtual

"Saat dekselerasi ketemu polisi tidur dan buka gas lagi, motor bergetar dan biasanya mekanik bengkel melakukan pembersihan CVT untuk menghilangkan gredek. Cara itu tidak bertahan lama, biasanya setelah dua minggu motor bakal kembali gredek lagi," ujar Dadan. 

Namun usai memasang paketan kampas ganda Fenrir yang terdiri dari kampas ganda set berbahan Feramic dan mangkok ganda khusus, masalah gredek di motor Vario 150 nya benar-benar hilang. Bahkan hasil pengetesan juga menunjukkan akselerasi motor Vario 150 miliknya menjadi jauh lebih responsif.  

Pengujian terus dilanjutkan, karena masalah gredek bisa timbul lagi jika debu kotoran mulai menumpuk di mangkok ganda, setelah pengujian selama 2 bulan pemakaian, penyakit gredek di motor Honda Vario 150 tersebut benar-benar hilang. 

"Dengan kampas ganda dan mangkok ganda ini, gredek hilang, tarikan enteng dan tenaga motor lebih padat. Saya tes sendiri dan sudah 2 bulan motor masih nyaman dan masalah gredeknya hilang, benar-benar anti virus motor matic" beber Dadan. (RO/OL-7)
 

Baca Juga

DOK. NMAA

OLX Autos IMX 2022 Ramai Dipadati Pengunjung 

👤RO 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 20:05 WIB
Para pengunjung rela berlama-lama untuk menikmati apa yang disajikan di pameran...
MI/NURTJAHYADI

Belkote 1K Primer Surfacer Resmi Diluncurkan di ajang OLX Autos IMX 2022

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 18:15 WIB
Belkote 1K Primer Surfacer merupakan cat primer yang tidak memerlukan hardener, sehingga tidak ada lagi isu hardener kering atau lupa...
Dok.charock

Modifikasi Nissan March Curi Perhatian di Ajang IMX 2022

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 09:05 WIB
Charock menyebutkan bahwa proses modifikasi memakan waktu kurang lebih 3...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya