Rabu 22 September 2021, 18:09 WIB

Triumph Luncurkan Speed Triple 1200 RR

mediaindonesia.com | Otomotif
 

BARU-BARU ini produsen sepeda motor legendaris Inggris mengungkapkan model flagship terbarunya Triumph Speed Triple 1200 RR cafe racer. Kuda besi yang dibangun dari basis Speed Triple 1200 ini merupakan naked bike dengan tampilan memukau.

Susunan rangka tubularnya yang unik telah menjadi sorotan para pemerhati sejak pertama kali dirilis pada 2011. Bagian subframe trellis-nya menjulang tinggi di bagian belakang nampak indah, dikombinasi lengan ayun mono-arm berwarna senada dengan bagian mesin.

Perbedaan visual antara antara Speed Triple 1200 standar dengan 1200 RR memang hanya berkutat pada bagian fairing. Itupun tidak penuh, hanya menutupi ruang di seputar lampu utama yang kini hadir dengan bentuk bulat tunggal.

Keberadaan fairing tersebut memungkinkan sepasang spion model sportsbike dapat bertengger statis tanpa harus mengikuti gerakan setang kemudinya. Spion ini dapat dilipat menjadi lebih sempit untuk memudahkan pengendara melaju di sela-sela kepadat lalu lintas perkotaan.

Dari sisi ergonomi Triumph Speed Triple 1200 RR juga telah mengalami perubahan. Pijakan kaki pengendara kini dibuat lebih tinggi dan bergeser jauh ke belakang yang memungkinkan pengendara lebih 'rebah' di tikungan guna mendapatkan cornering lebih tajam pada kecepatan tinggi.

Setang kemudi yang awalnya datar juga kini berubah dengan menganut model clip-ons yang memberikan tangan pengendara menjadi lebih rendah serta lebih jauh ke depan untuk mendapatkan posisi 'race' yang ideal.

Peningkatan substansial lainnya adalah pada bagian suspensi dengan menggunakan satu set Ohlins Smart RC 2.0 yang secara 'semi-aktif' merespon kondisi permukaan jalan dan dapat disetel secara elektronis. 

Dalam hal performa, Speed Triple 1200 RR cukup dekat dengan model  Speed Triple 1200 RS, bertenaga mesin 178 hp dan torsi maksimal 125 Nm, termasuk kelengkapan fitur seperti Cornering ABS, dan kontrol traksi.

Fitur lainnya berupa ride-by-wire yang menyajikan empat mode berkendara yang telah diprogram sebelumnya dan satu pilihan mode yang dapat diatur sendiri. Ada pula fitur-fitur lainnya seperti cruise control, keyless start, dan bi-directional quickshifter. 

Triumph Speed Triple 1200 RR terbaru dibanderol US$20.950 yang membuat harganya lebih mahal dari Aprilia Tuono V4 Factory, namun lebih murah bila dibandingkan dengan Ducati Streetfighter V4 S.

Baca Juga

MI/NURTJAHYADI

Penjualan All New Veloz Kini Lebih Laris dari All New Avanza

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Desember 2021, 23:56 WIB
Toyota Veloz tidak lagi berada di bawah lini Avanza, melainkan telah menjadi model yang terpisah dan lebih...
MI/NURTJAHYADI

GIIAS Surabaya 2021 Dibuka Rabu 8 Desember

👤RO 🕔Selasa 07 Desember 2021, 22:54 WIB
Sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, Surabaya selalu menjadi agenda industri otomotif Indonesia untuk memperkenalkan model dan...
HYUNDAI MOTORS INDONESIA

Hyundai Pegangsaan Jakarta Utara Resmi Beroperasi

👤RO 🕔Selasa 07 Desember 2021, 22:38 WIB
Diler baru ini merupakan jawaban Hyundai hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan terhadap produk dan layanan Hyundai khususnya di area...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya