Kamis 14 Januari 2021, 17:36 WIB

Universitas Budi Luhur Ciptakan Motor Listrik BL-SEV01

mediaindonesia.com | Otomotif
 

UNIVERSITAS Budi Luhur (UBL) Jakarta kembali menunjukkan kreativitas mereka dalam mengikuti tren teknologi otomotif terkini yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Berkolaborasi dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan builder dari Katros Garage, UBL dengan bangga mempersembahkan sepeda motor listrik terbaru yang diberi nama Budi Luhur - Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01) kepada Indonesia..

BL-SEV01 menjadi bukti nyata dan sumbangsih Universitas Budi Luhur terhadap pengembangan ilmu pengetahuan melalui riset kendaraan listrik yang diharapkan dapat menjadi solusi kebutuhan mobilitas masyarakat di masa depan. Pengembangan dan penerapan disiplin ilmu yang dituangkan pada BL-SEV01 selaras dengan nilai-nilai UBL sebagai instansi pendidikan yang berkontribusi aktif terhadap bangsa dan negara Republik Indonesia.

"Universitas Budi Luhur sejak lama telah merencanakan pengembangan mobil dan motor listrik yang merupakan hasil karya anak bangsa. Riset yang kami kembangkan ini menjadi bagian dari misi Universitas Budi Luhur dalam memfasilitasi dan memotivasi sivitas akademika untuk mencapai penelitian bermutu, serta melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat luas," ungkap Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro, MBA, Kamis (14/1).

Rektor UBL Dr Ir Wendi Usino MSc MM, menjelaskan bahwa BL-SEV01 merupakan sepeda motor yang 100% dijalankan tenaga listrik baterai sebagai sumber tenaganya serta dikembangkan oleh para civitas akademis UBL yang didukung oleh LIPI dan dibantu oleh Katros Garage dalam hal desain kendaraan.

BL-SEV01 menggunakan motor listrik, baterai, dan modul. Ketiga komponen utama tersebut sudah dikembangkan sedemikian rupa agar bisa bekerja secara optimal. Semua komponen yang dikembangkan ini sudah terbukti berfungsi dengan baik setelah melalui rangkaian tes dan pengujian di laboratorium milik LIPI.

BL-SEV01 dijalankan oleh motor listrik BLDC (brushless DC) 96 Volt yang mampu menghasilkan daya hingga 16 kW, atau setara dengan 21,7 hp. Sumber dayanya berasal dari baterai lithium-ion 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere. 

Dalam kondisi baterai terisi penuh, sepeda motor listrik yang dirancang lebih cenderung untuk lintasan balap ini bisa menjelajah hingga 110 kilometer. Sementara untuk mengisi ulang daya baterainya membutuhkan waktu pengisian sekitar 4 jam.

Kemudian di sektor desain dipilih model Cafe Racer untuk menegaskan performa dan kemampuan BL-SEV01 sebagai sebuah motor sport yang kuat, tangguh, dan agresif. Pemilihan desain ini disesuaikan dengan performa dari BL-SEV01 yang diklaim setara dengan motor sport 300 cc.

Untuk mengimbangi tampilannya, BL-SEV01 dilengkapi suspensi depan model upside down, dan suspensi belakang eksotis model mono shock - mono arm seperti layaknya sepeda motor sport sejati. Begitu juga dengan sistem penerus dayanya yang tetap menggunakan rantai dan roda gigi (sprocket). 

“Perkembangan teknologi di era industri 4.0, para akademisi tidak bisa hanya berdiam diri namun harus bisa berkembang untuk berpikir jauh ke depan demi perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia. Semoga hasil pemikiran dan wawasan teknologi motor listrik yang dihadirkan UBL mendapat dukungan dari semua pihak demi kemajuan industri yang ramah lingkungan, ekonomis, dan solusi untuk energi terbarukan," tutup Dr Ir Wendi Usino MSc M.M. (S-4)

Baca Juga

Auto2000

Cara Merawat Mobil dalam Cuaca yang Tidak Menentu

👤RO 🕔Minggu 24 Januari 2021, 22:57 WIB
Segera bersihkan mobil setibanya di rumah jika di jalan terkena hujan untuk mencegah timbul water spot atau jamur bodi dan kaca...
ADM

Daihatsu Donasikan Satu Unit 'Mobil Klinik dan Informasi'

👤RO 🕔Minggu 24 Januari 2021, 22:31 WIB
Mobil Klinik dan Informasi ini bermanfaat bagi tenaga kesehatan untuk melakukan pemeriksaan dasar kepada pasien dan juga memberikan edukasi...
MBDI

Mercedes-Benz Indonesia Luncurkan Dua C-Class AMG Final Edition

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 24 Januari 2021, 01:17 WIB
Kendaraan yang dirakit secara lokal di Wanaherang Bogor ini, merupakan kombinasi antara karakter penampilan yang sportif, fitur keselamatan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya