Senin 26 September 2022, 08:10 WIB

Ketahui Pentingnya Pemanasan Sebelum Berolahraga

Mediaindonesia.com | Olahraga
Ketahui Pentingnya Pemanasan Sebelum Berolahraga

MI/PIUS ERLANGGA
Ilustrasi

 

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Andi Kurniawan mengingatkan untuk tidak melewatkan tahapan pemanasan (warming up) sebelum berolahraga.

"Salah satu kebiasaan buruk saat berolahraga adalah melewatkan pemanasan dan kemudian diikuti dengan melakukan stretching atau perenggangan," kata dokter yang terhimpun dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) tersebut di Jakarta, Minggu (25/9).

Adapun pemanasan sangat penting karena dapat mengurangi risiko cidera yang dapat terjadi saat berolahraga nantinya. Selain itu, Andi mengatakan, pemanasan juga berperan untuk menyiapkan kondisi tubuh sebelum memulai aktivitas fisik.

"Warming up ditujukan untuk menyiapkan tubuh sebelum berolahraga serta menaikkan suhu tubuh. Setelah melakukan pemanasan 5 hingga 10 menit, dapat diikuti dengan perenggangan, baru kemudian olahraga," ujar dia.

Andi menjelaskan pendinginan (cooling down) juga tak kalah penting untuk dilakukan setelah berolahraga. Ia melanjutkan, pendinginan penting untuk menurunkan denyut jantung dan suhu tubuh setelah beraktivitas fisik.

Di sisi lain, Andi juga mengingatkan masyarakat untuk menjadikan olahraga sebagai bagian dari gaya hidup sehat. Menurut dia, olahraga bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan jasmani, namun juga kesehatan rohani.

Ia tak menampik bahwa pandemi selama lebih dari dua tahun membuat orang kian enggan untuk beraktivitas di luar ruangan dan membatasi mobilitas. Hal tersebut juga berdampak pada tubuh yang menjadi kaku karena jarang digerakkan.

"Dua tahun terakhir ini telah mengubah kehidupan kita semua. Dua tahun yang kurang aktivitas fisik, dan kita yang dipaksa untuk berada di rumah. Banyak yang aktivitasnya turun dan berpengaruh kepada tubuh," kata Andi.

Dokter lulusan Universitas Indonesia itu menambahkan, tak sedikit pula yang salah memulai olahraga dan cuma sekadar ikut tren seperti lari, bersepeda, dan lainnya.

"Saran saya, mulai lah dari olahraga ringan dulu atau bergaya hidup aktif. Kurangi duduk misalnya. Itu salah satu hal simpel. Approximately, di Jakarta, opportunity kita duduk itu bisa sampai 15 jam. Mulai dari pergi ke kantor, kerja di kantor, makan siang, perjalanan pulang, dan lainnya. Sehingga, gaya hidup aktif adalah permulaan yang baik," kata dia. (Ant/OL-12)

Baca Juga

AFP

Turnamen Indonesian Masters Siap Sajikan Persaingan Ketat

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Selasa 29 November 2022, 21:02 WIB
Sejumlah pegolf top dunia akan memanaskan persaingan pada turnamen berhadiah total US$1,5 juta. Seperti, Lee Westwood, Jazz...
John McCoy/Getty Images/AFP

Wasit Padilla akui curang Bantu Pacquiao kalahkan Hussein

👤Mediaindonesia 🕔Selasa 29 November 2022, 20:57 WIB
Pacquiao kemudian menanduk Hussein, membuat petinju Australia itu luka di atas mata...
AFP/Getty Images/CLIVE MASON

Ross Brawn Pensiun dari Formula 1

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Selasa 29 November 2022, 20:26 WIB
Saya sekarang akan menonton F1 dari sofa saya, bersorak, dan mengkritik sama halnya seperti seorang penggemar F1. Kata...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya