Jumat 24 Juni 2022, 10:17 WIB

Madrid Tertarik Gelar Balapan Formula 1

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Madrid Tertarik Gelar Balapan Formula 1

AFP/ Clive Rose/Getty Images
Aksi para pembalap Formula 1 di GP Kanada di Sirkuit Gilles Villeneuve di Montreal.

 

MADRID secara resmi mengutarakan ketertarikan menjadi tuan rumah balapan Formula 1. Hal itu diungkapkan pemerintah ibu kota Spanyol itu, Kamis (23/6).

Meskipun belum ada sirkuit yang memenuhi standar Formula 1 di Madrid dan Spanyol telah memiliki balapan di Barcelona, yang terikat kontrak hingga 2026, kota pusat pemerintahan di Spanyol itu yakin mereka dapat membuka pembicaraan dengan Liberty Media, selaku pemegang hak komersial F1, tentang peluang menggelar balapan.

"Saya ingin mengonfirmasi komitmen kami untuk Anda dan proyek ini, demikian pula keinginan kami untuk menandatangani kesepakatan yang tepat untuk menggelar balapan dan menawarkan tontonan olahraga dan hiburan yang luar biasa," kata menteri kabinet pemerintahan daerah setempat Enrique Lopez lewat surat yang ditujukan kepada CEO F1 Stefano Domenicali.

Baca juga: Finis Ketiga di GP Kanada, Hamilton Mengaku Merasa Muda Lagi

Detail lebih lanjut tentang penawaran tersebut tidak disebutkan dan penyelenggara F1 menolak untuk berkomentar.

Madrid pernah menggelar Grand Prix F1 antara 1968-1981 di Sirkuit Jarama, yang sudah usang dan akan perlu perombakan besar apabila ingin digunakan untuk balapan lagi.

Tahun lalu, pemerintah setempat Morata de Tajuna, berjarak 36 km di Selatan Madrid, mengonfirmasi mereka ingin membangun sirkuit dengan Grade 1 dari FIA dengan ambisi menggelar balap F1 dan MotoGP di masa depan.

Kalender F1 tahun ini menjadi rekor tersendiri karena terdiri dari 23 balapan dan penyelenggara masih ingin memperbanyak balapan dalam satu musim itu untuk memperluas jangkauan geografis olahraga balap itu, seperti di Afrika dan Amerika Serikat. (Ant/OL-1)

Baca Juga

AFP/Glyn KIRK

Nadal Muncul dalam Sesi Latihan Jelang Semifinal Wimbledon

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 07 Juli 2022, 23:25 WIB
Nadal beraksi melakukan servis dan menampilkan pukulan-pukulan forehand dan backhand dalam sesi latihan di lapangan Aorangi...
AFP

Tim F1 Akan Bahas Batas Anggaran Di Austria

👤Widhoroso 🕔Kamis 07 Juli 2022, 22:17 WIB
TIM-tim Formula 1 akan membahas penyesuaian batas anggaran dalam pertemuan di Austria, akhir pekan ini. Masalah ini dibicarakan terkait...
AFP

Perang Wakil RI Tersaji di Perempat Final Malaysia Masters

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 07 Juli 2022, 20:57 WIB
Pebulu tangkis peringkat 6 dunia, Anthony Ginting, akan bertarung melawan juniornya, Chico Aura Dwi, di babak perempat final Malaysia...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya