Kamis 28 April 2022, 10:15 WIB

Jelang SEA Games, Timnas Catur Ikuti Kejuaraan Ramadhan Cup 2022

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Jelang SEA Games, Timnas Catur Ikuti Kejuaraan Ramadhan Cup 2022

MI/Rifaldi Putra Irianto
Menpora Zainudin Amali bersama Ketua Umum PB Percasi Utut Ardianto menyaksikan Kejuaraan Ramadhan Cup 2022, Rabu (27/4).

 

GUNA mematangkan persiapan timnas catur Indonesia, menjelang SEA Games Vietnam, yang dijadwalkan bergulir pada Mei mendatang, Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) menerjunkan atlet mereka untuk mengikuti kejuaraan catur nasional bertajuk Ramadhan Cup 2022.

Di tengah minimnya kejuaraan catur yang bergulir di tengah pandemi covid-19, Ketua umum PB Percasi Utut Adianto mengungkapkan, keikutsertaan Timnas Catur Indonesia di Ramadhan Cup 2022 dirasa penting sebagai pematangan para atlet menjelang SEA Games Vietnam.

"Karena SEA Games mempertandingkan nomor catur cepat, sehingga kejuaraan Ramadhan Cup ini cocok untuk dijadikan persiapan pertandingan untuk para pecatur Indonesia yang nanti akan berlaga di Hanoi, pada Mei," kata Utut di Wisma Serbaguna Senayan Jakarta, Rabu (27/4).

Baca juga: PB PASI Targetkan 8 Medali Emas SEA Games

Lebih lanjut, Utut menyebutkan nomor pertandingan catur cepat merupakan andalan Indonesia untuk merebut pundi-pundi medali di SEA Games. 

Pada SEA Games 2019 lalu, catur cepat berhasil menyumbangkan dua medali emas lewat Susanto Megaranto dan Meidina Warda Aulia.

"Kekuatan kita ada di nomor ini, pertama ada Susanto dan Meidina. Mudah-mudahan kejuaraan ini bisa membantu para atlet sebagai persiapan jelang SEA Games mendatang," jelasnya.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengapresiasi penyelenggaraan kejuaraan Ramadhan Cup 2022. Hal itu diungkapkan Menpora saat membuka acara tersebut.

“Pecatur-pecatur Indonesia memerlukan pertandingan-pertandingan seperti ini untuk meningkatkan kualitas permainan mereka,” kata Zainudin. “

"Tentu kami sangat apresiasi upaya-upaya dari pengurus cabor yang didukung oleh JAPFA (seponsor utama), ini merupakan salah satu kolaborasi yang luar biasa," kata Zainudin.

Dengan dilibatkannya para atlet timnas catur Indonesia dalam kejuaraan Ramadhan Cup 2022, Zainudin berharap persiapan para atlet semakin matang sebelum menatap SEA Games Vietnam mendatang.

"Jadi kita harapkan anak-anak kita yang akan bertanding di SEA Games sudah siap, karena oleh PB Percasi sudah disiapkan tempat untuk latihan terakhir mereka seblum berangkat ke Vietnam. Jadi sekali lagi Pemerintah mengapresiasi kegiatan ini," tukas Zainudin.

Pertandingan Ramadhan Cup 2022 ini merupakan bentuk kolaborasi antara PB Percasi dengan JAPFA grup. Kejuaraan yang bergulir pada 27-28 April ini setidaknya diikuti sekitar 236 peserta dari 16 provinsi di Indonesia. (OL-1)

Baca Juga

AFP/Adrian DENNIS

Raducanu Tiru Daya Juang Nadal untuk Menang di Putaran Pertama Wimbledon

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 28 Juni 2022, 05:52 WIB
"Saya rasa Rafa melambangkan daya juang dan energi," jawab Raducanu ketika ditanya mengapa menggunakan logo Nadal. "Itulah...
AFP/Adrian DENNIS

Djokovic Bukukan Kemenangan Ke-80 di Wimbledon

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 28 Juni 2022, 05:33 WIB
Juara enam kali dan unggulan teratas Wimbledon itu mengalahkan petenis Korea Selatan (Korsel) Kwon Soo Woo 6-3, 3-6, 6-3, dan...
AFP/SEBASTIEN BOZON

Sempat Tertinggal Dua Set, Alcaraz Melaju ke Putaran Kedua Wimbledon

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 28 Juni 2022, 05:02 WIB
Petenis berusia 19 tahun itu melesakkan 30 servis aces dan 73 winner untuk meraih kemenangan 4-6, 7-5, 4-6, 7-6 (7/3), dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya