Rabu 06 April 2022, 13:30 WIB

Jelang SEA Games, Timnas Atletik akan Uji Coba ke Singapura

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Jelang SEA Games, Timnas Atletik akan Uji Coba ke Singapura

ANTARA/Hafidz Mubarak A
Tim estafet putra 4x100 meter mengikuti pemusatan latihan nasional (Pelatnas) Atletik di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta.

 

TIMNAS atletik Indonesia bakal melakukan uji coba di Singapura dengan mengikuti Singapura Terbuka, 14-17 April, sebagai persiapan menuju SEA Games Hanoi, Vietnam, yang akan digelar pada 12-23 Mei.

Pelatih kepala timnas atletik Agustinus Ngamel mengatakan kejuaraan ini penting untuk mengukur sejauh mana perkembangan atlet dan akan menjadi bahan evaluasi sebelum mengikuti pesta olahraga dua tahunan di Hanoi nanti.

Dari 23 atlet yang dipersiapkan menuju Vietnam, hanya 12 atlet yang akan turun di Singapura. 

Baca juga: Percasi Targetkan Lebih dari Dua Emas di SEA Games Hanoi

"Dua atau tiga pekan lalu, kami mendapat undangan dari Singapura. Karena waktunya cukup mepet jadi tidak semua turun di Singapura Tebruka 2022. Hanya disiplin yang recovery-nya bisa cepat saja," kata Agustinus, Selasa (5/4)malam.

Dia berharap para atlet dapat memaksimalkan kejuaraan di Singapura ini karena merupakan satu-satunya uji coba skua tMerah Putih di luar negeri.

Dalam persiapan menuju SEA Games Hanoi, skuat atletik Indonesia memang belum tryout di luar negeri. Satu-satunya atlet yang telah merasakan atmosfer kompetisi adalah Lalu Muhammad Zohri yang turun dalam Kejuaraan Dunia Atletik Indoor di Stark Arena, Belograd, Serbia, 18-20 Maret.

Minimnya kompetisi di luar negeri karena pandemi covid-19 membuat Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) kesulitan mengirimkan atlet untuk uji coba.

PB PASI juga batal mengirim atlet ke ajang 9th Asian Indoor Athletics Championships yang seharusnya bergulir di Nur Sultan, Kazakhstan, 11-13 Februari 2022.

Gelaran tersebut ditunda hingga Februari 2023, padahal Indonesia berencana mengirim tujuh atlet, yakni Lalu Muhammad Zohri, Barik Abrar, Sapwaturrahman, Tyas Murtiningsih, Sri Maya Sari, Maria Natalia Londa, dan Emilia Nova.

Kini, skuat atletik Indonesia mendapat kesempatan bersaing di Singapura, Agustinus berharap semua atlet dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan maksimal.

Pada SEA Games edisi sebelumnya di Filipina pada 2019, Indonesia finis urutan kelima dalam perolehan medali cabang olahraga atletik dengan lima emas, enam perak, dan lima perunggu. Vietnam menjadi negara dengan medali terbanyak yakni 16 emas, 12 perak, 10 perunggu.

Sementara Thailand di bawahnya dengan 12 emas, 11 perak, 12 perunggu. Lalu Filipina dengan 11 emas, delapan perak, delapan perunggu dan Malaysia dengan lima emas, sembilan perak, serta tujuh perunggu. (Ant/OL-1)

Baca Juga

AFP/JACK GUEZ

Kembali Bertanding, Djokovic Melaju ke Perempat Final di Tel Aviv

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 30 September 2022, 05:39 WIB
Djokovic menang 6-0 dan 6-3 atas lawannya yang berperingkat 115 dunia dalam tempo 86 menit, melepaskan 30 winner dan mematahkan servis...
AFP/Kena BETANCUR

Casper Ruud Lolos ke ATP Finals 2022

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 05:30 WIB
Petenis nomor dua dunia Casper Ruud lolos ke ATP Finals untuk tahun kedua berturut-turut guna menyusul petenis Spanyol Rafael Nadal dan...
Instagram @alex_albon

Albon tidak Menyangka Bisa Fit untuk Tampil di GP Singapura

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 30 September 2022, 04:15 WIB
Albon harus bermalam di unit perawatan intensif rumah sakit di Italia, awal bulan ini, karena kegagalan pernafasan setelah menjalani...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya