Selasa 04 Januari 2022, 06:30 WIB

Meski Peluang Jadi Juara Sirna, Peterhansel Ingin Curi Kemenangan Etape Reli Dakar

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Meski Peluang Jadi Juara Sirna, Peterhansel Ingin Curi Kemenangan Etape Reli Dakar

AFP/FRANCK FIFE
Pembalap Audi asal Prancis Stephane Peterhansel bereaksi usai mobilnya mengalami kecelakaan di Etape 1B Reli Dakar.

 

JUARA bertahan Reli Dakar Stephane Peterhansel terlempar dari persaingan perebutan gelar juara Reli Dakar 2022. Meski begitu, dia tetap berambisi mencuri kemenangan etape dan membantu Audi mengembangkan mobil hybrid baru mereka.

Dijuluki Mr Dakar karena mengantongi 14 titel dari kategori mobil dan sepeda motor Reli Dakar, Peterhansel mengalami nasib sial di etape pertama, Minggu (2/1), saat mobil Audi RS Q e-tron mengalami kecelakaan dan kerusakan suspensi belakang.

Pembalap Prancis itu pun gagal menyelesaikan etape dan oleh karena itu diganjar penalti tambahan waktu 16 jam.

Baca juga: Menangi Etape 2 Reli Dakar, Loeb Pangkas Jarak dari Al-Attiyah

Akan tetapi, di etape 2 Reli Dakar dari Ha'il menuju Al Qaisumah, Senin (3/1), Peterhansel mampu menunjukkan kecepatan mobil hybrid Audi dalam debutnya di reli ketahanan paling tangguh di dunia itu dengan finis keempat, terpaut tujuh menit 56 detik dari juara etape Sebastien Loeb dari tim BRX.

Meski memiliki gap lebih dari 23 jam dari pemuncak klasemen umum sementara, Nasser Al-Attiyah dari tim Toyota, Peterhansel tetap meneruskan lomba, walaupun mimpi merebut titel ke-15 telah sirna, dan mengatakan fokusnya saat ini adalah membantu rekan satu timnya, Carlos Sainz, dan Audi mengumpulkan data untuk mobil RS Q e-tron.

"Saya harap kami memenangi sejumlah etape sebelum akhir reli ini, tapi hari ini sedikit aneh, saya tidak mengira saya bakal start jauh di belakang," kata Peterhansel dikutip laman resmi Reli Dakar.

"Sekarang, kami akan mencoba memenangi sejumlah spesial (stage) dan menguji mobil ini, mempersiapkan tahun depan."

"Kemarin, kami mendapati masalah dengan sasis dan itu merobek wishbone suspensi belakang, tapi dari yang kami ketahui tentang mobil ini, tidaklah normal apabila kami memiliki masalah yang membuat kami berhenti secara tiba-tiba seperti itu," lanjutnya.

Kompatriot senegaranya, Sebastien Loeb memangkas jarak dari Al-Attiyah menjadi sembilan menit 16 detik berkat kemenangan di etape 2 saat sang pembalap Qatar finis runner-up hari ini.

Penyelenggara membatalkan maraton yang sedianya digelar untuk etape 2 dan 3 setelah bivouac di Al Artawiya kebanjiran menyusul hujan lebat pada Sabtu (1/1) malam.

Etape 3 akan menempuh rute memutar di Al Qaisumah dengan spesial stage sejauh 255 km. (Ant/OL-1)

Baca Juga

PBSI

Jawa Barat Jadi Lokasi Seri Pembuka Sirkuit Nasional Bulu Tangkis

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Senin 06 Februari 2023, 17:18 WIB
Ketua Panitia Pelaksana Herman Subarjah mengatakan, turnamen Sirkuit Nasional A Jawa Barat diikuti 1.131 atlet dari 219...
dok.Proliga

Taklukkan Jakarta Pertamina, Jakarta STIN BIN Lolos ke Final Four

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Februari 2023, 16:25 WIB
TIM voli putra Jakarta STIN BIN memastikan diri lolos ke Final Four Proliga 2023 setelah memenangkan semua pertandingan di pekan pertama...
AFP/Sarah Stier/Getty Images

Tinggalkan Nets, Irving Berlabuh di Mavericks

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 06 Februari 2023, 11:26 WIB
Irving dilaporkan meminta pindah setelah gagal menyetujui perpanjangan kontrak. Nets memilih untuk tidak menawarinya kontrak jangka...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya