Kamis 30 Desember 2021, 13:00 WIB

Menlu dan Menpora Jerman Boikot Olimpiade Beijing 2022

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Menlu dan Menpora Jerman Boikot Olimpiade Beijing 2022

AFP/JADE GAO
Seorang warga melintas di depan logo Olimpiade Beijing 2022 di Beijing, Tiongkok.

 

DUA anggota kabinet Jerman, yakni Menteri Luar Negeri dan Menteri Pemuda dan Olahraga dipastikan tidak akan menghadiri Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, Februari mendatang, sebagai bentuk boikot diplomatik yang dilakukan banyak negara Eropa.

Menlu Jerman Annalena Baerbock, melalui juru bicaranya, Rabu (29/12), menyatakan ia adalah seorang penggemar olahraga, tetapi memastikan tidak akan mengunjungi Tiongkok selama Olimpiade Musim Dingin digelar.

Sedangkan juru bicara Menteri Dalam Negeri Nancy Faeser mengatakan menteri yang juga membawahi bidang kepemudaan dan olahraga tersebut telah menyatakan tidak akan menghadiri Olimpiade Musim Dingin, sebagian karena kondisi pandemi covid-19.

Baca juga: IOC dan Tiongkok Pastikan Penyelenggaraan Olimpiade Musim Dingin 2022 Aman

Sementara itu, juru bicara pemerintahan Jerman lainnya mengatakan Kanselir Olaf Scholz belum memutuskan apakah akan terbang ke Tiongok untuk menghadiri ajang olahraga tersebut, sembari menambahkan Berlin masih berdiskusi dengan rekanan mereka di Uni Eropa.

Pekan lalu, Jepang telah menyatakan tidak akan mengirim delegasi pemerintah ke Olimpiade Musim Dingin Beijing, langkah yang ditengarai akan meningkatkan tensi hubungan dengan Tiongkok.

Keputusan-keputusan itu muncul mengikuti boikot diplomatik yang dipimpin pemerintah Amerika Serikat (AS) dengan dasar kekhawatiran soal kondisi hak asasi manusia di Tiongkok, sementara Jepang menghindari penyematan label eksplisit semacamnya. (Ant/OL-1)

Baca Juga

AFP/Christophe ARCHAMBAULT

AS Terbuka Bagikan Wild Cards, Thiem, Venus Williams, dan Kenin Dapat

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 07:48 WIB
Asosiasi Tenis AS mengumumkan daftar penerima wild card itu menjelang AS terbuka, yang akan mulai digelar pada 29 Agustus mendatang di...
usatoday.com

LeBron James Perpanjang Kontrak Dua Tahun dengan Lakers

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 07:39 WIB
LeBron James menyetujui persyaratan perpanjangan kontrak dua tahun bersama Los Angeles Lakers senilai US$97,1 juta (Rp1,4...
AFP/Amer HILABI

Joshua Bantah Berencana Pensiun

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 06:30 WIB
"Jika Anda kalah dari salah satu petinju terbaik di dunia dan orang mengatakan Anda harus pensiun, saya rasa itu omong...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya