Jumat 26 November 2021, 20:22 WIB

Presiden Olimpiade Rio 2016 Divonis 30 Tahun Penjara

Mediaindonesia | Olahraga
Presiden Olimpiade Rio 2016 Divonis 30 Tahun Penjara

AFP
KETUA Komite Olimpiade Brasil Carlos Arthur Nuzman

 

MANTAN Presiden Olimpiade Rio 2016 dan Komite Olimpiade Brazil Carlos Arthur Nuzman divonis 30 tahun 11 bulan penjara karena skandal beli suara demi kepentingan Rio de Janeiro menjadi tuan rumah Olimpiade 2016.

Vonis itu dijatuhkan oleh Hakim Marcelo Bretas dari Pengadilan Pdana ke-7 Rio de Janeiro pada Kamis waktu setempat.

Eksekutif berusia 79 tahun yang mengetuai Komite Olimpiade Brazil selama lebih dari dua puluh tahun itu dinyatakan bersalah atas kasus pencucian uang, pengempelangan pajak, korupsi dan organisasi kriminal. Pengacara Nuzman mengajukan banding atas vonis ini dan dia akan tetap bebas sampai banding diputuskan.

Mantan anggota kehormatan IOC itu ditangkap pada Oktober 2017 bersama tangan kanannya, yakni mantan direktur operasi Rio 2016 Leonardo Gryner, yang dituduh mengatur suap lebih dari 2 juta dolar AS agar IOC memilih Rio de Janeiro sebagai tuan rumah Olimpiade 2016. Rio dianugerahi Olimpiade pada 2009 sehingga mengalahkan Chicago, Tokyo dan Madrid.

Baca juga: Menteri Olahraga Brasil Mengundurkan Diri

Gryner, mantan Gubernur Rio de Janeiro Sergio Cabral dan pengusaha Arthur Cesar de Menezes Soares Filho juga dijatuhi hukuman penjahra karena bekerja sama menyuap pejabat IOC. Gryner dijatuhi hukuman 13 tahun 10 bulan penjara karena korupsi dan organisasi kriminal.

Cabral yang dipenjara sejak 2016 karena serangkaian skandal korupsi, dijatuhi lagi hukuman 10 tahun delapan bulan penjara. Dia membeberkan persekongkolan suap kepada hakim setelah sepakat mengungkapkan informasi sensitif dalam kasus lain.

Cabral memberi tahu Bretas bahwa dia, Nuzman, Soares, dan Gryner berkoordinasi "untuk membeli suara" mantan presiden Asosiasi Federasi Atletik Internasional Lamine Diack dan putranya, Papa Diack, dan yang lain.(Ant/OL-4)

Baca Juga

AFP/SEBASTIEN BOZON

Norrie Minta Dukungan Lebih Hebat dari Pendukung Inggris

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 04 Juli 2022, 07:11 WIB
"Saya adalah satu-satunya petenis Inggris yang tersisa sehingga mengapa tidak lebih bersemangat mendukung...
AFP/JUSTIN TALLIS

Hamilton Berterima Kasih Atas Dukungan Penonton GP Inggris

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 04 Juli 2022, 06:30 WIB
Di hadapan 142 ribu penonton di Sirkuit Silverstone, juara Formula 1 tujuh kali itu finis ketiga dalam balapan yang dimenangkan pembalap...
AFP/Ben Stansall

Zhou Sebut Halo Selamatkan Nyawanya dalam Kecelakaan di GP Inggris

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 04 Juli 2022, 06:15 WIB
Mobil pembalap Tiongkok itu terlempar ke udara dan mendarat terbalik. Namun, Zhou berhasil selamat setelah halo menyebabkan kepanya tidak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya