Senin 13 September 2021, 18:46 WIB

Adu Prestasi Anak Bangsa, PON XX Papua Siap Digelar

Mediaindonesia.com | Olahraga
Adu Prestasi Anak Bangsa, PON XX Papua Siap Digelar

MI/ADAM DWI
LETJEND PURN MARCIANO NORMAN

Ketua Umum KONI Marciano Norman menegaskan penyelenggaraan Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX Papua, 95 % telah siap. Begitu pula aspek pendukung lainnya, seperti keamanan, kesehatan hingga akomodasi.

“Baik kesiapan venuenya, peralatan yang akan digunakan, kesiapan kontingen yang akan berangkat, maupun kesiapan Panitia Besar PON XX Papua yang mengatur, telah siap,” katanya dalam diskusi virtual Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang bertema" Bangun Nasionalisme dan Kebersamaan" di Jakarta, Senin (13/9.

Di samping segi penyelenggaraan, masyarakat Papua pun dikatakan Marciano telah siap menyambut dan menyukseskan perhelatan olahraga terbesar di tanah air tersebut.

Kesiapan ini khususnya dari sisi kesehatan. Program vaksinasi terus digencarkan dan masyarakat antusias mengikuti dan menyelesaikan tahapan-tahapan vaksinasi.

“Persiapan masyarakat untuk bisa menjadi tuan rumah yang baik sangat optimal. Dalam arti dari sisi kesehatan mereka juga dioptimalkan vaksinasinya,” katanya.

Kementerian kesehatan bersama TNI dan Kepolisian RI (Polri) dan semua pemangku kepentingan dikatakan Marciano terus mengoptimalkan program vaksinasi bagi masyarakat, khususnya yang tinggal di sekitar venue.

“Hal ini tentu akan memberikan rasa aman, kepada kontingen-kontingen dari luar yang akan datang dan bertanding,” ujar Marciano.

Hal ini menjadikan Marciano optimis pada saat pertandingan pertama dimulai tanggal 22 September 2021, kemudia dilanjutkan upacara pembukaan 2 oktober 2021, hingga penutupanpada 15 oktober 2021, berjalan lancer dan dalam kondisi terbaik. “PON Papua ini menjadi kebanggaan semua, menjadikan kebangkitan dari pandemik. Dan di PON ini juga menunjukkan bahwa kita bisa bersatu,” katanya.

Pada kesempatan tersebut Marcianopun menegaskan bahwa tak perlu diragukan lagi rasa nasionallisme yang akan muncul dan bergelora saat PON XX Papua nanti. Berbicara olahraga, katanya, itu hanya akan membicarakan merah putih. “Olahraga itu adalah pemersatu bangsa. Hal ini akan ditunjukkan di PON XX Papua ini,” tegasnya.

33 kontingen dari 33 porvinsi di seluruh Indonesia akan datang ke Papua untuk bersama dengan saudara-saudara atlet Papua mengikuti dan berkompetisi diperhelatan akbar olahraga.

Para atlet yang bersaingpun ditegaskan Marciano adalah mereka yang terbaik karena telah melalui berbagai seleksi ketat dan standar prestasi yg telah ditetapkan. Jadi bisa dianggap PON XX ini adalah ajang adu hebat berbagai daerah namun dalam balutan Negara Kesatuan RI (NKRI).

“Pentingnya PON ini karena disinlah kita melihat bagaimana tiap daerah melakukan pembinaan olahraga di wilayah masing-masing,” katanya.
Hasil dari PON XX Papua juga dikatakan Marciano salah satu arena saringan untuk kepentingan prestasi yang lebih besar lagi di tingkat dunia, yaitu Olimpiade Paris 2024.

Sedikit menyinggung kemanan penyelenggaraan, Marciano mengatakan meski dinamis namun hal tersebut dalam kondisi baik dan terkendali. Dukungan maksimal pengamanan dijamin internal dari Kepolisian RI dan Kodam setempat. (RO/OL-12)

Baca Juga

MI/Susanto

Sabar, Keputusan Kehadiran Penonton PON Diputuskan Pekan Depan

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 18 September 2021, 20:10 WIB
Pemerintah dan panitia penyelenggara saat ini masih mengkaji kemungkinan PON Papua dihadiri penonton di...
ANTARA FOTO/Gusti Tanati

Pemerintah Putuskan Kehadiran penonton di PON Papua Pekan Depan

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 18 September 2021, 18:45 WIB
Hingga September rata-rata cakupan vaksinasi COVID-19 dosis pertama di empat klaster PON saat ini sudah di atas angka 50 persen, sedangkan...
MI/Susanto

Menpora Pastikan Pertandingan Olahraga Berlangsung Tanpa Penonton

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 18 September 2021, 18:30 WIB
Kebijakan tersebut diambil dalam rapat koordinasi bersama dengan beberapa kementerian, gubernur, bupati dan wali kota yang akan menjadi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

AS, Inggris, dan Australia Umumkan Pakta Pertahanan Baru

 Aliansi baru dari tiga kekuatan tersebut tampaknya berusaha untuk melawan Tiongkok dan melawan kekuatan militernya di Indo-Pasifik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya