Kamis 22 Juli 2021, 08:37 WIB

Tim Angkat Besi Siap Adu Strategi di Olimpiade Tokyo

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Tim Angkat Besi Siap Adu Strategi di Olimpiade Tokyo

ANTARA FOTO/Sigid K
Latihan Tim Angkat Besi

PELATIH kepala angkat besi tim Indonesia Dirdja Wihardja mengungkapkan strategi tim pelatih akan menjadi faktor penting dalam perebutan medali di cabang olahraga angkat besi Olimpiade Tokyo 2020.

Pematangan strategi akan dilakukan setelah tim pelatih mengetahui calon lawan dalam technical meeting pada Kamis (22/7).

“Penentuan masuk grup B atau A ditentukan oleh total angkatan terbaik yang didaftarkan. Dari total angkatan yang didaftarkan, kemudian kita bisa tentukan mau berapa kilogram di snatch dan clean & jerk. Kalau daftar lawan sudah ada (di technical meeting), ibaratnya angkatan terbaik sudah dikeluarkan,” kata Dirdja dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (22/7).

Dirdja menambahkan, jika sudah diketahui total angkatan yang didaftarkan, tim pelatih akan menyusun strategi kombinasi angkatan yang akan dilakukan dan dalam kompetisi tim pelatih akan terus memantau perkembangan lawan untuk menentukan langkah selanjutnya.

Pada Olimpiade Rio 2016 misalnya, Dirdja mengatakan tim pelatih sudah menentukan total angkatan sejak awal untuk mengamankan medali bagi Eko Yuli Irawan.

“Jadi awalnya kami langsung berusaha mengamankan medali. Setelah total angkatan kira-kira aman untuk medali, baru kami mengejar medali emas. Waktu itu lifter Kolombia berhasil di angkatan kedua sehingga dia yang mendapatkan medali emas,” ujarnya.

Baca juga: Lifter Muda Indonesia Sabet Juara Dunia Angkat Besi Junior 2021

Namun dengan kondisi pandemi covid-19 yang berlangsung sejak 2020 membuat banyak kompetisi kualifikasi yang dibatalkan, Dirdja mengakui cukup sulit untuk memantau total angkatan resmi dari calon rival Indonesia.

Dengan hanya ada dua kompetisi yang berlangsung pada tahun 2021 yakni Kejuaraan Asia dan Kejuaraan Dunia Junior di Uzbekistan, menurut Dirdja, tidak cukup untuk memantau calon rival Indonesia. Kendati demikian, dia dan tim bertekad akan memberikan yang terbaik di Olimpiade Tokyo ini.

Sementara itu, berbicara terkait kondisi anak didiknya, Dirdja mengatakan sejak tiba di Tokyo, seluruh atlet dalam keadaan aman dan sehat serta bisa langsung berlatih.

“Alhamdulillah, seluruh atlet sehat dan dalam kondisi aman. Mereka menjalani tes setiap hari dan hasilnya negative,” jelasnya.

Dapat diketahui, saat ini, seluruh anggota tim angkat besi Indonesia sudah berkumpul di Tokyo. Dalam Olimpiade Tokyo 2020 lima lifter Indonesia akan berjuang merebut medali Olimpiade, adapun kelima atlet tersebut yakni Eko Yuli Irawan, Windy Cantika, Rahmat Erwin Abdullah, Nurul Akmal dan Deni.(KOI/OL-5)

Baca Juga

AFP/ Luis Robayo

Aksi Gigit Kuping Ala Tyson Terjadi Di Ring Tinju Olimpiade Tokyo

👤Widhoroso 🕔Selasa 27 Juli 2021, 19:34 WIB
AKSI gigit kuping seperti yang dilakukan Mike Tyson terhadap Evander Holyfeld pada laga perebutan juara dunia tinju kelas berat dunia 28...
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Sempurna di Fase Grup, Hendra/Ahsan Tegaskan Belum Puas

👤Mediaindonesia 🕔Selasa 27 Juli 2021, 17:49 WIB
Walau sempurna di fase grup, peraih medali emas Asian Games 2014 Incheon ini mengaku belum lega karena masih ada tantangan lain yang harus...
Antara

Cuaca Ekstrem Ganggu Konsentrasi Arif Dwi di Olimpiade Tokyo

👤Ilham Ananditya 🕔Selasa 27 Juli 2021, 17:43 WIB
Pemanah muda berusia 17 tahun itu pun harus menghentikan langkahnya pada babak eliminasi 32 besar untuk perorangan putra di Olimpiade...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Saling Jaga dari Serangan Virus

PANDEMI covid-19 telah berdampak besar bagi warga, terutama bagi mereka yang memiliki penghasilan harian, seperti ojek daring, buruh harian, dan pekerja lepas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya