Rabu 11 September 2019, 11:05 WIB

Susanto Kalah di Laga Pembuka Kejuaraan Dunia Catur

Antara | Olahraga
Susanto Kalah di Laga Pembuka Kejuaraan Dunia Catur

ANTARA/Agus Bebeng
Susanto Megaranto

 

PECATUR andalan Indonesia GM Susanto Megaranto kalah dari juara dunia FIDE 2015 GM Sergey Karjakin pada babak pertama Kejuaraan Dunia Catur FIDE 2019 di Khanty-Manslysk, Rusia, Selasa (10/9) waktu setempat setelah bermain lebih dari empat jam.    

"Saya bertekad menang meskipun sudah kalah satu pion. Saya menghadapi tekanan waktu sehingga membuat kesalahan," kata Susanto yang memiliki FIDE rating 2545 ini dalam keterangan resmi dari PB Percasi, Rabu (11/9).    

Susanto, pada babak pertama ini, memegang buah putih dan sempat memaksa Karjakin berpikir selama lebih dari 12 menit untuk menjawab manuver pecatur terbaik Indonesia itu di langkah 53.

Setidaknya langkah tersebut mampu membuat Santo menggertak posisi lawan yang ahli bermain posisi.    

Baca juga: GM Susanto Siapkan Langkah Kejutan

Kerja keras salah satu atlet Indonesia yang kenyang pengalaman itu dinilai ketua kontingen tim catur Indonesia R Artsanti Alif sebagai upaya memaksimalkan potensi.

Menurut dia, pada babak pertama tersebut, Susanto sempat ditawarkan remis, namun diabaikan.    

"Pertandingan selama empat jam lebih menunjukkan kualitas pemain kita yang tidak dianggap mudah oleh lawan. Beberapa langkah yang dibuat Susanto sempat membuat Karjakin berpikir panjang untuk membuat serangan balik," katanya.

Meskipun belum mendapatkan hasil yang memuaskan, Artsanti cukup bangga terhadap perjalanan Susanto.

Pasalnya, GM dari Indonesia tersebut telah berhasil memberikan yang terbaik dan mampu membangun posisi yang membuat gentar lawan.    

"Susanto tentu beruntung belajar menjadi lebih baik di pertandingan ronde pertama babak kedua," kata Vice President Head of Social Investment PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk itu.  

Artsanti menambahkan ajang Kejuaraan Dunia Catur FIDE juga dijadikan ajang latih tanding pecatur Indonesia. Salah satunya karena pertandingan ini diikuti 128 pecatur dari 47 negara, dengan peserta terbanyak dari Rusia (28 pecatur), diikuti oleh India (10), Cina (7) dan Amerika Serikat (6).   

Selanjutnya GM Susanto Megaranto akan kembali menghadapi GM Sergey Karjakin yang memiliki FIDE rating 2760 dan memegang buah hitam.

Jika ingin bertahan di kejuaraan bergengsi ini, Susanto harus memenangkan babak kedua. Jika kalah akan langsung pulang dan jika hasilnya seri maka akan dilakukan pertandingan satu babak lagi (playoff). (OL-2)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Tim Catur Putra Indonesia Kandas di Olimpiade Catur 2022

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Senin 08 Agustus 2022, 13:02 WIB
Dalam pertandingan, pecatur andalan Indonesia GM Susanto Megaranto kalah di tangan juara dunia Magnus...
Ist/Kemenpora

ASEAN Para Games Solo 2022 Berakhir, Kamboja Siap Jadi Tuan Rumah 2023

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 09:11 WIB
Kamboja akan menjadi tuan rumah pelaksanaan pesta olahraga penyandang disabilitas Asia Tenggara atau ASEAN Para Games pada...
Ist/Kemenpora

Menpora Amali: Indonesia Cetak Sejarah ASEAN Para Games dalam Raihan Medali

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 09:01 WIB
Menpora Zainudin Amali menyebut perolehan medali emas kontingen Merah-Putih terbanyak sepanjang sejarah keikutsertaan Indonesia di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya