Selasa 16 Juli 2019, 19:23 WIB

Gubernur NTB Pastikan Mandalika Siap Gelar MotoGP 2021

MICOM | Olahraga
Gubernur NTB Pastikan Mandalika Siap Gelar MotoGP 2021

Istimewa
Gubernur NTB (tengah) mengikuti rapat terbatas di Istana Merdeka.

GUBERNUR Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah mengikuti rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin (15/7) lalu. Zulkieflimansyah memastikan Nusa Tenggara Barat siap menggelar MotoGP di Kawasan Mandalika, Lombok.

"Kawasan Mandalika akan menjadi tuan rumah untuk MotoGP pada 2021 dan Pak Jokowi ingin memastikan bahwa infrastruktur tahun depan akan selesai semua," papar Zulkieflimansyah dalam keterangan yang diterima Media Indonesia, Selasa (16/7).

Baca juga: Gregoria Amankan Posisi Tunggal Putri Menuju Babak Kedua

Rapat terbatas tersebut, lanjut dia, juga melahirkan sejumlah kebijakan baru untuk NTB. Zulkieflimansyah juga berharap pembangunan kawasan Mandalika akan meningkatkan perekonomian masyarakat di provinsi tersebut.

“Dengan adanya Moto GP, turis-turis lokal maupun mancanegara pasti semakin banyak yang berkunjung ke NTB. NTB sendiri saat ini juga sudah mempersiapkan fasilitas untuk turis-turis yang berkunjung, semoga pembangunan ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat," harapnya.

Zulkieflimansyah mengakui masih ada kendala terkait pembebasan lahan tapi hal itu masih dalam kendali. Pihaknya telah menyosialisasikan kepada masyarakat terkait Undang-Undang (UU) No 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum.

"Apa yang kami dirikan adalah untuk kepentingan umum maka harga tanah harus sesuai dengan harga pasar jadi tidak boleh terlalu tinggi di atas pasar," tambahnya.

Gubernur NTB juga memastikan pembangunan kawasan Mandalika bisa selesai sebelum MotoGP dimulai. “Pembangunan Mandalika tahun depan harus sudah selesai dan Oktober tahun ini kami mulai proses. Sirkuit di Mandalika nanti tidak seperti sirkuit pada umumnya, jadi kami akan mendesain jalan raya untuk dijadikan sirkuit seperti di Singapura."

Ia pun mendapat kabar bahwa Menteri Keuangan Sri Mulyani telah mengalokasikan tambahan dana sebesar Rp6,5 triliun untuk empat destinasi wisata. Empat destinasi wisata tersebut adalah Toba, Mandalika, Borobudur dan Labuan Bajo.

Menteri Pariwisata Arif Yahya, lanjut dia, juga sedang mengusahakan direct flight dari Darwin Australia ke Lombok. (*/A-5)

Baca Juga

ANTARA/HO-Badmintonphoto/Raphael Sachetat

Di Thailand Open 2021, Pelapis Ganda Putra Indonesia Cukup Baik

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 24 Januari 2021, 20:59 WIB
Menurut pelatih bulu tangkis ganda putra Herry IP, penampilan ketiga pasangan pelapis Indonesia itu sudah cukup baik untuk debut...
Dok.PBSI

Kurang Fokus, Gugurnya Wakil Indonesia di Toyota 1000 Series

👤Dero Iqbal Mahendra 🕔Minggu 24 Januari 2021, 20:50 WIB
Pelatih Tunggal Putra Hendry Saputra mengatakan pemain tunggal Indonesia gagal Toyota Thailand Open 1000 disebabkan kurang fokus saat...
Dok.PBSI/Medcom

Indonesia Tetap Optimistis Bisa Raih Gelar di World Tour Final

👤Dero Iqbal Mahendra 🕔Minggu 24 Januari 2021, 20:16 WIB
Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Rionny Mainaky mengaku Indonesia tetap optimistis bisa meraih gelar di ajang World Tour...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya