Kamis 12 Januari 2023, 18:16 WIB

Gelombang Tinggi Mereda, Nelayan Di Pantura Jawa Tengah Kembali Melaut

Akhmad Safuan | Nusantara
Gelombang Tinggi Mereda, Nelayan Di Pantura Jawa Tengah Kembali Melaut

ANTARA
Ilustrasi

 

GELOMBANG tinggi Laut Jawa sudah mereda. Hal ini membuat pelayaran antarpulau kembali dibuka dan ribuan nelayan di pantura Jawa Tengah mulai melaut setelah tiga pekan istirahat.

Kamis (12/1) sejak dini hari ribuan nelayan dengan berbagai jenis dan ukuran kapal di pantura Pekalongan, Batang, Kendal, Semarang dan Demak, Jawa Tengah kembali melaut setelah dua pekan berhenti akibat gelombang tinggi di Laut Jawa.

Kembalinya nelayan di pantura melaut menjadikan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di beberapa daerah kembalo beroperasi meskipun belum pulih seperti saat kondisi normal. "Sejak pagi bongkar muat ikan di Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan nkembali berlangsung, kapal-kapal ikan poursesin juga mulai datang dan pergi," ujar Slamet, seorang ABK kapal ikan di Pekalongan.

Kepala UPTD TPI Kota Pekalongan, Muhammad Mahson mengatakan akibat terhenti pelelangan ikan selama dua pekan, kerugian ditanggung pemerintah cukup besar hingga capai ratusan juta rupiah. "Sekarang sedikit lega karena nelayan sudah mulai melaut," tambahnya.

Turunnya ketinggian gelombang laut juga membuat pelayaran antarpulau kembali dioperasikan. "Beberapa kapal layar motor (KLM) Phinisi sudah mulai mengirim barang dari Tanjung Emas ke Kalimantan," ujar Tony, seorang nakhoda KLM di Semarang.

Demikian juga Kapal Motor Penumpang (KMP) Kalibodri, juga telah meninggalkan Pelabuhan Kendal, Jawa Tengah untuk kembali berlayar menuju ke Kumai, Kalimantan Tengah dengan membawa ratusan penumpang, kendaraan dan barang. KMP Kalibodri sempat tidak berlayar karena terkendala tingginya gelombang laut. (OL-15)
 

Baca Juga

DOK.MI

BPBD Nagan Raya Kerahkan Tim Evakuasi Korban Tertimbun Longsor

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 23:50 WIB
Sejauh ini baru satu orang yang diduga tertimbun tanah longsor di kawasan hutan yang dijadikan tempat penambangan emas ilegal...
DOK.MI

Remaja Tenggelam di Perairan Pulau Beting Ditemukan Meninggal

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 23:43 WIB
Ia menjelaskan korban ditemukan meninggal dunia pada titik koordinat 2°8'16"N 101°33'24"E,". Korban...
DOK.MI

Polda Bali Tangkap Buronan Interpol Terlibat Penyelundupan 160 Kg Ganja

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 23:40 WIB
DPO Interpol Antonio Strangio pada 2015 dilaporkan hendak membawa ganja ke pasar gelap di Roma,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya