Rabu 28 Desember 2022, 16:05 WIB

Gelombang Hingga 6 Meter Berpotensi Landa Perairan Selatan Jateng dan Jabar

Lilik Darmawan | Nusantara
Gelombang Hingga 6 Meter Berpotensi Landa Perairan Selatan Jateng dan Jabar

ANTARA
Ilustrasi

 

GELOMBANG setinggi hingga 6 meter berpotensi terjadi di perairan selatan Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Barat (Jabar). Pemicu gelombang tinggi adalah pola angin di wilayah Indonesia bagian utara yang bergerak dari barat ke utara. Sedangkan wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari barat daya  dan barat laut.

Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi BMKG Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo mengatakan bahwa di wilayah samudra, ketinggian gelombang dapat mencapai 4 meter-6 meter. "Kami telah mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi kepada nelayan dan pengguna jasa kelautan lainnya," kata Teguh, Rabu (28/12).

Menurutnya, gelombang tinggi antara 4-6 meter berpotensi terjadi di Samudera Hindia wilayah Jabar meliputi Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya hingga Pangandaran. Sedangkan di Jateng dan DIY terjadi di Cilacap, Kebumen, Purworejo hingga perairan Yogyakarta. "Harap diperhatikan resiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran,' ujarnya.

Selain itu, lanjut Teguh, di wilayah pantai juga patut diwaspadai. Sebab, wilayah pantai mulai Jabar, Jateng hingga DIY ada potensi gelombang tinggi. "Gelombang bisa mencapai 2,5 meter hingga 4 meter. Sehingga nelayan kecil dan pengunjung pantai juga harus meningkatkan  kesiapsiagaan," kata dia.

Pengamat cuaca Stasiun Meteorologi BMKG Tunggul Wulung Cilacap Rendi Krisnawan mengatakan cuaca ekstrem diperkirakan potensial terjadi hingga tiga hari mendatang. "Dengan kondisi tersebut, bisa menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, hujan es, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung. Terutama untuk masyarakat yang berada  dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi," jelas Rendi.

Menurutnya, daerah-daerah yang terancam bencana hidrometeorologi adalah Banjarnegara, Kebumen dan Purworejo pada Rabu (28/12). Kemudian pada Kamis (29/12) adalah Cilacap dan Kebumen. "Sedangkan pada Jumat (30/12) adalah Banjarnegara, Banyumas, Cilacap, Kebumen dan Purbalingga," katanya. (OL-15)
 

Baca Juga

Mi/Agus Utantoro

DPW Partai NasDem DIY Gelar Silaturahmi Dengan Relawan Pemenangan Anies

👤Agus Utantoro 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 20:05 WIB
DEWAN Pimpinan Wilayah Partai NasDem DIY menggelar silaturahmi dengan belasan kelompok relawan pemenangan Anies Baswedan, Sabtu...
DOK MI

Polisi Periksa Delapan Saksi Terkait Dugaan Pelecehan Seksual Balita Di NTT

👤Palce Amalo 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 19:29 WIB
POLRES Manggarai Timur, NTT telah meminta keterangan delapan orang saksi terkait laporan dugaan kasus pelecehan seksual terhadap seorang...
Dok MI

Marudut Peringatkan Jangan Sebar Isu Hoaks Kasus Hanifah Husein

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 18:47 WIB
Marudut menegaskan bahwa pihaknya telah memastikan MAKI tidak memiliki cabang di Sumatera...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya