Sabtu 03 Desember 2022, 19:51 WIB

Relawan #SayaKejar Bangun MCK untuk Penyintas Gempa Cianjur

mediaindonesia.com | Nusantara
Relawan #SayaKejar Bangun MCK untuk Penyintas Gempa Cianjur

dok.ist
Pembangunan fasilitas tiga unit fasilitas mandi cuci kakus (MCK) bagi penyintas gempa Cianjur oleh relawan #SayaKejar

 

TIM Relawan Sayap Kencana Ganjar (#SayaKejar) kembali menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk penyintas Gempa Cianjur. Terbaru, para relawan pendukung Ganjar ini telah berhasil mendirikan tiga unit fasilitas mandi cuci kakus (MCK) umum selama sepekan terakhir.

Koordinator Bagian Logistik #SayaKejar, Sigit Priatna Putra mengatakan, pembangunan MCK ini diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan sanitasi dan air bersih yang diderita para pengungsi. Masalah ini merupakan salah satu item yang ada dalam pemetaan kebutuhan pengungsi yang disusun tim relawan #SayaKejar.

"Pembangunan jamban umum itu dilakukan dengan cara bergotong royong.Ini dimaksudkan supaya semangat kebersamaan tetap terjaga di antara warga, agar tetap terjaga kebersamaan dan rasa memiliki terhadap fasilitas yang dibangun,” ujar Sigit, Sabtu (3/12/2022).

Sigit menjelaskan, pembangunan MCK ini mendapat apresiasi dari para pengungsi. Banyak para pengungsi yang sangat membutuhkan fasilitas MCK ini, karena kamar mandi rumah mereka yang telah hancur saat gempa 5,6 magnitudo.

Salah satu MCK buatan #SayaKejar dibangun di Kampung Cibeureum Kaler, Desa Cibeureum, Kecamatan Cugenang, Cianjur. Sigit menjelaskan, daerah tersebut dipilih karena merupakan wilayah yang terdampak gempa cukup parah.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa para relawan #SayaKejar telah datang ke Cianjur tak lama setelah berita perihal gempa disiarkan media. Berbagai bantuan telah diberikan para relawan. Sigit menyerbut, sudah sepatutnya tim relawan selalu dalam keadaan siaga sebagai bentuk antisipasi terhadap berbagai kemungkinan.

"Bagi kami ini adalah misi kemanusiaan. Para korban harus dibantu secepat mungkin. Maka sejumlah logistik yang dibutuhkan wara pun kami bawa,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu perangkat desa di Kampung Ciberem, Sidin Rohendi mengatakan bahwa pihaknya mengucapkan terimakasih atas dibangunnya MCK di kampungnya. Dia mengungkapkan, di kampungnya memang  tidak ada fasilitas MCK.

“Alhamdulillah kami sudah terima MCK. Kami ucapkan terimakasih kepada Relawan Pak Ganjar. Tentunya ini untuk kepentingan warga kami yang terkena dampak bencana. Ini sangat bermanfaat,” pungkasnya.

Untuk diketahui, sejauh ini #SayaKejar telah menyalurkn bantuan kepada 30 posko dalam bentuk makanan dan pakaian baru. Bantuan akan terus diupapayakan mengalir kepada yang membutuhkan. (OL-13)

Baca Juga: BMKG: Gempa Susulan Cianjur Semakin Melemah

Baca Juga

Dok. handout Istagram @raga.alfath

Cerita Raga Alfath Besarkan Bisnis Digital Aset.id, dari Malang Kini Ekspansi ke Ibu Kota Jakarta 

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Februari 2023, 22:42 WIB
Raga membangun digital platform yang diberi nama Aset.id sejak akhir 2020. Meski baru berjalan selama dua tahun lamanya, Raga sebenarnya...
dok.ant

Di Sulawesi Tenggara hanya Minyakita yang Langka

👤Rahmat Rullah 🕔Senin 06 Februari 2023, 22:37 WIB
KEPALA Perum Bulog, Sulawesi Tenggara (Sultra), Siti Mardati Saing menjelaskan, khusus minyak goreng, merek Minyakita yang disubsidi...
Dok. KSP

Padi Reborn dan D'Masiv Sukes Hibur Pecinta Musik Cilegon di BNI The Royale Music Fest 2023

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Februari 2023, 22:32 WIB
Konser musik yang dihadiri oleh sekitar 2 ribu penonton yang mayoritas sobat padi serta massiver tersebut, bak membius para penikmat musik...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya