Minggu 20 November 2022, 19:22 WIB

Konversi dari BBM Ke Elpiji, Ribuan Nelayan di Cilacap Mendapat Konverter Kit

Lilik Darmawan | Nusantara
Konversi dari BBM Ke Elpiji, Ribuan Nelayan di Cilacap Mendapat  Konverter Kit

MI/Lilik Darmawan
1.921 nelayan di Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) mendapat bantuan paket konverter kit.

 

SEBANYAK 1.921 nelayan di Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) mendapat bantuan paket konverter kit. Bantuan  ini membuat para nelayan tersebut dapat mengganti BBM dengan elpiji 3 kilogram (kg).

Dirjen Migas Kementerian ESDM Tutuko Ariadji mengatakan bahwa sejak  2016, pemerintah telah melakukan konversi BBM menjadi elpiji untuk  nelayan. "Sejak 2016 lalu hingga 2021, pemerintah telah membantu kepada nelayan sebanyak 85 ribu lebih paket konverter kit," jelasnya di sela-sela pemberian bantuan paket konverter kit untuk nelayan di Karangtalun, Cilacap Tengah, Minggu (20/11).

Menurutnya, saat sekarang ada bantuan sebanyak 1.921 paket konverter kit untuk nelayan di Cilacap. Sehingga kalau ditotal, sejak tahun 2016 lalu, secara total sudah dibantu sebanyak 6.828 paket konverter kit.

"Pemberitan bantuan saat sekarang merupakan kemitraan pemerintah dengan Komisi VII DPR. Mudah-mudahan tahun 2023 mendatang akan dilanutkan lagi untuk nelayan lainnya," katanya.

Di tempat yang sama, Ketua Komisi VII DPR Sugeng Suparwoto mengatakan dengan konversi BBM menjadi elpiji, maka akan jauh lebih hemat. "Sebab, menurut laporan dari nelayan 1 tabung atau 3 kg elpiji setara dengan 7 liter. Jelas sangat menghemat. Karena gas 3 kg hanya Rp20 ribu, sedangkan jika pertalite 7 liter sudah Rp70 ribu," ujarnya.

Selain itu, lanjut Sugeng, elpiji merupakan energi yang lebih bersih ketimbang BBM. Sehingga itu juga mengurangi pencemaran. "Di Cilacap, program ini akan terus dilanjutkan pada tahun depan. Sebab, dari 21 ribu nelayan baru terjangkau 6 ribu lebih," tambahnya.

Executive GM Regional Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah Dwi Puja Ariestya menambahkan bahwa program yang diinisiasi Ditjen Migas dengan Komisi VII sangat bagus. "Secara general, itu akan menguntungkan bagi masyarakat khususnya nelayan. Sebab, mereka bisa menghemat pengeluaran pemakaian BBM. Juga berdampak baik bagi lingkungan, karena pemakaian gas emisi lebih sedikit," tandasnya.

Pihaknya memberikan support untuk program tersebut dan memastikan suplai elpiji 3 kg untuk nelayan terus bisa terjaga. "Kita pastikan, nelayan akan mudah mendapatkan elpiji 3 kg," katanya. (OL-15) 

Baca Juga

Dok. kemenkominfo

Masyarakat Makassar Diajak Jadi Konten Kreator yang Viral Tanpa Hilang Moral

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 17:28 WIB
Menurut Rizki Ameliah, perlu diingat bahwa menjadi viral tidak semuanya mengenai hal positif saja. Salah satu langkah paling nyata dalam...
ANTARA

Stok Beras Bulog Sumsel Babel Aman Hingga 7 Bulan

👤Dwi Apriani 🕔Rabu 30 November 2022, 17:27 WIB
BADAN Urusan Logistik Divre Sumatera Selatan dan Bangka Belitung (Sumsel  Babel) memastikan stok bahan pokok diwilahnya dalam kondisi...
Dok.Kemenkominfo

Pelatihan Literasi Digital di Jateng dan DIY Diikurti 425 Ribu Orang Sepanjang Juni-November

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 17:22 WIB
Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai daerah yang menjadi target program literasi digital telah menjangkau 425.000...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya