Minggu 20 November 2022, 14:22 WIB

Intip Cantiknya Weru Beach di Flores Timur

Metro TV/ Fransiskus Gerardus | Nusantara
Intip Cantiknya Weru Beach di Flores Timur

Metro TV/ Fransiskus Gerardus
Suasana pantai Weru beach Desa Watotutu kecamatan ile mandiri, Kabupaten Flores timur, NTT.

 

PANTAI  Weru Beach sejak dulu sudah terkenal dan manjadi tempat peristirahatan pelancong lokal khususnya pelaku perjalanan dari Kota Larantuka ke wilayah Kecamatan Tanjung Bunga, Kabupaten Flores Timur, Pulau Flores, NTT.

Weru Beach berada di Desa Watotutu. Lokasinya persis di pinggir Jalan Trans Lintas Pulau Flores berjarak enam kilometer dari Kota Larantuka.

Weru Beach dihiasi butiran pasir warna cokelat terang. Tekstur pasirnya lebih lembut membentang sepanjang ratusan meter ke arah barat dan timur.

Meski berada di laut selatan, namun deburan ombak Weru Beach tak segarang yang dibayangkan. Pengunjung juga bisa berenang namun harus hati-hati dengan onggokan batu karang.

Selain itu, warga Desa Watotutu juga sering memanah  ikan atau bekarang saat air laut surut. Hasil tangkapan lumayan banyak kendati menggunakan peralatan sederhana. Pengunjung juga diperbolehkan menangkap ikan bersama warga setempat yang ramah dan santun.

Weru Beach yang terletak di bawah kaki Gunung Ile Mandiri terkenal dengan cerita jaman Maja Pahit. Lasukan Maja Pahit menurut penduduk setempat dikenal dengan nama "Holo Langgua Burak Laba Enga.

Para prajurit tersebut pernah singgah di pantai ini. Hal ini diakui dengan penuturan ceritra lisan secara tradisional. Weru Beach dulunya dipakai sebagai Pelabuhan Alam tempat keluar masuknya para nelayan tradisional.

Desa Lewoneda pemilik pantai ini, yang kini sudah menjadi Desa Watotutu turun dari kaki Ile Mandiri dan menetap di tepi Pantai ini sejak tahun 1980. Namun akibat banjir bandang tahun 1979, akhirnya terkenal dengan Desa Watotutu Waimana I, Kecamatan Ile Mandiri.

Penduduk Desa Watotutu Tetap menjaga dan melestarikan pante ini karena para wisatawan lokal merasa tertarik dan berwisata di pantai ini pada hari hari libur dan hari istrahat, hal ini mendorong generasi muda untuk menata dan memperindah pantai ini dengan membangun lopo - lopo dan sarana perlengkapannya dengan berbahan lokal.

Sementara itu salah satu  pengunjung, Fransiska Ema piran mengatakan Setiap Minggu, ia bersama teman temannya mengunjungi weru beach. Mereka berenang bersama, berfoto ria lalu di unggah ke platform media sosial.

Dia berharap, agar warga setempat maupun pengunjung menjaga kebersihan pantai dan tidak membuat sampah sembarang. "Kami juga berharap kepada pemerintah setempat memperindah lagi pantai, ujarnya. (OL-12)

Baca Juga

dok.ist

Di Rakernis, Korlantas Polri Sosialisasikan Alat Tes Alkohol Dan Narkoba

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 06:02 WIB
KORPS Lalu Lintas (Korlantas) Polri menggelar rapat kerja teknis (Rakernis) sekaigus menyosialisasikan alat tes alkohol dan alat tes...
Dok. JAwa Eye Indonesia

Jawa Eye Indonesia Salurkan Bantuan Untuk Korban Gempa Bumi Cianjur

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Kamis 01 Desember 2022, 02:01 WIB
PR Manager Jawa Eye Indonesia Setiadi menyatakan bantuan yang diberikan merupakan bentuk kepedulian Jawa Eye Indonesia atas musibah Gempa...
MI/HO

Paramitha DPR Kawal Pemasangan Listrik Baru di Brebes

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 22:49 WIB
Pemerintah merencanakan bantuan pasang baru listrik 2022 kepada 1.086 rumah warga miskin di Brebes, Jawa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya