Sabtu 05 November 2022, 20:05 WIB

TNI Bangun Jalan, Buka Keterisolasian Desa Hasinggaan, Samosir

Januari Hutabarat | Nusantara
TNI Bangun Jalan, Buka Keterisolasian Desa Hasinggaan, Samosir

MI/JANUARI HUTABARAT
Anggota TNI membangun jalan untuk membuka keterisolasian Desa Desa Hasinggaan, Kecamatan Sianjur Mula-Mula, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara

 

KEGIATAN TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) dilaksanakan dengan membuka jalur darat menuju Desa Hasinggaan, Kecamatan Sianjur Mula-Mula, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara. Mereka membangun jalan sepanjang 1,2 kilometer, 5 gorong-gorong dan tembok penahan tanah sepanjang 600 meter.

Dibukanya jalur darat tersebut membuat masyarakat Desa Hasinggaan tidak terisolasi lagi. Sebelumnya, mereka hanya bisa berhubungan dengan daerah lain melalui Danau Toba.

Letnan Dua Inf Rizal Parulian Napitupulu mewakili Komandan Kodim setempat, Sabtu (5/11) mengatakan, Desa Hasinggaan sala satu desa terisolasi di Kabupaten Samosir. Warga yang bermukim sebanyak 296 Kepala Keluarga (KK) atau 1.173 jiwa. Mereka hidup sebagai petani dengan mengandalkan lahan persawahan yang ditanmi palawija, baik jagung maupun bawang merah.

Selama ini, untuk menuju ke desa itu, dari desa terdekat membutuhkan waktu perjalanan 45 menit melalui Danau toba.

"Kegiatan di Desa Hasinggaan dilakukan tiga matra, yakni TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara. Kita juga mendapat bantuan dari rekan Kepolisian," tambah Rizal.

Selain pembangunan fisik, pihaknya juga melakukan sejumlah kegiatan lain. Di antaranya penyuluhan wawasan Nusantara, Bela Negara, hukum, narkoba, kesehatan, ekonomi, KB, stunting dan ketahanan pangan.

Anmad Sagala, Kepala Desa Hasinggaan, mengatakan, desanya sudah ada sejak sebelum Kemerdekaan RI. Namun, perhatian terhadap daerahnya masih sangat kurang.

"Terima kasih kepada TNI dan Polri yang telah bekerja keras dalam pembukaan jalan tersebut. Kami sudah sejak 20 tahun lalu mengusulkan pembangunan jalan, tapi tak kunjung direalisasikan. Kini, lewat program TNI Manunggal Masuk Desa, akhirnya kami bisa terhubung dengan dunia luar menggunakan jalur darat," tandasnya.

Atas hasil pembangunan yang dilakukan TNI, Bupati Vandiko T Gultom mengaku akan menindaklanjuti dengan membangun desa itu. "Jalan yang dibuka TNI akan kita kembangkan sehingga bisa dilalui kendaraan roda empat." (N-2)

 

Baca Juga

dok.ist

Di Rakernis, Korlantas Polri Sosialisasikan Alat Tes Alkohol Dan Narkoba

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 06:02 WIB
KORPS Lalu Lintas (Korlantas) Polri menggelar rapat kerja teknis (Rakernis) sekaigus menyosialisasikan alat tes alkohol dan alat tes...
Dok. JAwa Eye Indonesia

Jawa Eye Indonesia Salurkan Bantuan Untuk Korban Gempa Bumi Cianjur

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Kamis 01 Desember 2022, 02:01 WIB
PR Manager Jawa Eye Indonesia Setiadi menyatakan bantuan yang diberikan merupakan bentuk kepedulian Jawa Eye Indonesia atas musibah Gempa...
MI/HO

Paramitha DPR Kawal Pemasangan Listrik Baru di Brebes

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 22:49 WIB
Pemerintah merencanakan bantuan pasang baru listrik 2022 kepada 1.086 rumah warga miskin di Brebes, Jawa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya