Minggu 04 September 2022, 10:05 WIB

Umat Muslim Diajak Suarakan Islam Wasthiyah di Mukernas Baitul Muslimin Indonesia

Mediaindonesia.com | Nusantara
Umat Muslim Diajak Suarakan Islam Wasthiyah di Mukernas Baitul Muslimin Indonesia

Dok.Baitul Muslimin Indonesia
Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar saat menjadi salah satu panelis pada Mukernas Baitul Muslimin Indonesia.

 

AGAMA Islam pada dasarnya rahmatan lil alamin. Islam selalu menyebarkan kepada semua mahkluk yang ada di muka bumi. 

Itu sebabnya Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar mengajak umat Muslim untuk menyuarakan Islam Wasthiyah, yaitu menjalankan kehidupan dengan bijak, sabar dan lembut.

Hal itu ia sampaikan saat menjadi salah satu panelis pada kegiatan Rakorbidnas Bidang Agama dan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Mukernas Baitul Muslimin Indonesia ( BAMUSI) dengan tema 'Moderasi Beragama Perkuat Persatuan Bangsa', Sabtu (3/9).

"Mohon suarakan Islam Wasathiyah, kita harus bersikap rasional, sadar dan bijak, memperhatikan pluralitas, sabar dan lembut, semangat dan memiliki ilmu pengetahuan yang cukup,” ujarnya.

Menurutnya, konsep dakwah seharusnya menyerukan manusia menuju kebaikan, bukan justru mendorong kemarahan dan memecah belah umat. Dengan menyerukan kebaikan akan muncul  umat dengan karakter bijak, sabar dan lembut.

"Konsep dakwah seharusnya mengajak, menyeru dan mengarahkan manusia menuju jalan yang lebih baik dengan beragam metode bukan memecah belah umat, dan menimbulkan kemarahan,” lanjurnya. 

Boy menegaskan narasi propaganda yang berefek pada pemecah belah bangsa semestinya tidak direspons masyarakat. Narasi propaganda akan menjauhkan umat dari kehidupan yang tenang dan damai.  Padahal setiap manusia menginginkan suasana yang tenang dan damai. 

"Mari kita lindungi negeri dengan berkomitmen meneguhkan diri untuk terhindar dari narasi-narasi propaganda yang memecah belah,” tegasnya. 

Sementara itu Ketua DPP PDIP Bidang Ideologi dan Kaderisasi, Djarot Saiful Hidayat, mengajak Baitul Muslimin agar dapat mengarahkan anggotanya melakukan pembangunan rohani melalui kegiatan keagamaan dan penguatan kewaspadaan nasional. 

“Mari kita lakukan pembangunan rohani melalui kegiatan keagamaan, dan penguatan kewaspadaan nasional,” ujarnya. (RO/A-1)

Baca Juga

DOK MI.

Diduga Arus Pendek, Kebakaran Hanguskan 54 Kios Pasar Banjarsari

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 16:52 WIB
Sebanyak 54 kios pedagang berada di Blok B Pasar Banjarsari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (28/9), sekitar...
MI/PALCE

Jenazah DPO Tewas Ditembak Polisi di Belu Diautopsi

👤Palce Amalo 🕔Rabu 28 September 2022, 16:47 WIB
Kapolda mengatakan autopsi dilakukan oleh dokter ahli untuk memastikan penyebab tewasnya GYL, DPO pengeroyokan di kabupaten...
MI/Lina Herlina

Sidang HAM Paniai Hadirkan 2 Sopir Sebagai Saksi

👤Lina Herlina 🕔Rabu 28 September 2022, 16:36 WIB
Saksi dari warga tidak ada yang hadir, sementara dari Polri hanya empat yang hadir, yaitu Andy Richo Amir, Abner Onesimus Windesi, Riddo...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya