Senin 29 Agustus 2022, 11:07 WIB

ASN di Sumatra Barat Perkuat Literasi Digital Untuk Pelayanan Publik

Yose Hendra | Nusantara
ASN di Sumatra Barat Perkuat Literasi Digital Untuk Pelayanan Publik

ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto
Warga mencetak dokumen kependudukan menggunakan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Mall Pelayanan Publik (MPP)

 

PEMERINTAH terus mendorong Aparatur Sipil Negara (ASN) cakap dan melek digital. Selain itu Pemerintah merupakan salah satu pendorong terciptanya Indonesia Makin Cakap Digital.

Berdasarkan Survei Indeks Literasi Digital Nasional Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) dan Katadata Insight Center pada 2021, disebutkan bahwa Indonesia masih berada dalam kategori "sedang" dengan angka 3.49 dari 5,00.

Berdasarkan data tersebut, literasi digital sangat diperlukan bagi masyarakat. Dengan pengetahuan dan kemampuan literasi digital
yang baik, setiap orang akan lebih kritis terhadap penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan literasi digital di sektor pemerintahan merupakan salah satu inisiasi Kemenkominfo dalam mempercepat transformasi digital di Indonesia.

Kemenkominfo dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri menggiatkan literasi digital sektor pemerintahan untuk ASN di Provinsi Sumatra Barat, kemarin. Total peserta sebanyak 24.000 orang dari kalangan ASN Provinsi Sumatera
Barat menjadi target dalam kegiatan ini.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatra Barat, Hansastri menyampaikan bahwa ASN di Sumatra Barat sudah memiliki aplikasi-aplikasi untuk menunjang pelayanan kepada masyarakat, namun dibutuhkan pengembangan SDM untuk mengimplementasikan aplikasi tersebut.

"Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi ASN di Provinsi Sumatra Barat, mendorong ASN untuk mengenal dan mengadaptasi teknologi digital untuk melayani masyarakat berdasarkan empat pilar yang diterapkan yaitu Budaya Digital, Kemampuan Digital, Etika Digital, dan Keamanan Digital," kata Hansastri.

Diharapkan empat pilar tadi bisa mempercepat pengimplementasian aplikasi-aplikasi tersebut untuk memaksimalkan pelayanan dari ASN untuk masyarakat.

baca juga: 58 Buku Kolaborasi Seri Literasi Digital Diluncurkan

Direktur Pemberdayaan Informatika, Bonifasius Wahyu Pudjianto alam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Literasi Digital ini tidak hanya untuk memenuhi kewajiban ASN dalam kegiatan pengembangan kompetensi. Tetapi juga untuk meningkatkan kompetensi ASN di bidang digital untuk menunjang pelayanan publik.

Ia juga menekankan untuk berhati-hati terhadap konten negatif dan membahas 4 pilar penting dalam Literasi Digital.

"Tugas kita sebagai ASN ini adalah membuat konten-konten kreatif yang mendidik dan diharapkan dapat membantu produktivitas masyarakat. Yang harus membanjiri ruang digital itu adalah konten-konten positif yang membangun," ujarnya.

Kepala Pusat IV Pengembangan Kompetensi Fungsional dan Teknis BPSDM Kementerian Dalam Negeri, Dian Andy Permana menyatakan bahwa kegiatan literasi digital ini sesuai dengan core value yang ada pada ASN, yaitu berAKHLAK.

"Ada dua yang menjadi sumbu dalam value ini, yaitu kompeten dan adaptif. Sebagai ASN, kita harus kompeten dan adaptif. Kompeten adalah
ASN ini harus terus belajar dan membuat inovasi dalam dunia digital. Adaptif, dalam menerima perubahan-perubahan yang terjadi sehingga ASN bisa menggunakan teknologi-teknologi baru dalam melaksanakan pelayanan publik," tegasnya. (N-1)

 

Baca Juga

MI/YOSEPH PENCAWAN

Berjuang Demi Warga Difabel dengan Kas Tipis

👤Yoseph Pencawan 🕔Sabtu 24 September 2022, 23:40 WIB
Sebagian besar dari siswa di kedua SLB tersebut berasal dari luar Kota Medan dan tinggal di panti asuhan milik...
dok.ant

Kualitas Air Sungai di Kota Yogyakarta Turun Imbas Sampah

👤Ardi T Hardi 🕔Sabtu 24 September 2022, 22:06 WIB
DLH Kota Yogyakarta mencatat, dari hasil pemantauan, Indeks Kualitas Air (IKA) di tahun 2022 mencapai 38,42 persen, lebih rendah...
MI/BAYU ANGGORO

Jabar Quick Response Gelar Kompetisi SAR Sungai

👤Bayu Anggoro 🕔Sabtu 24 September 2022, 22:05 WIB
Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberikan perhatian khusus kepada mitigasi kebencanaan melalui inovasi dengan cara-cara yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya